Ada Libur Panjang di Akhir Oktober 2020, Kapolres Simalungun Mengimbau Masyarakat untuk Menghindari Kerumunan

Editor: metrokampung.com


Simalungun, metrokampung.com
Dalam rangka menghadapi libur panjang, sesuai arahan dan perintah Bapak Kapolda Sumatera Utara Irjen. Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si agar mensosialisaikan dan menghimbau masyarakat di tempat-tempat wisata melakukan penerapan protokol kesehatan, selalu mengunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hindari Kerumunan, Berhati-hati di jalan dan utamakan keselamatan, Minggu (25/10).

Kapolres Simalungun Akbp Agus Waluyo, SIK, mengimbau masyarakat menghindari melakukan perjalanan dan tetap berkumpul bersama keluarga. Serta melakukan kegiatan di lingkungan sambil menyiapkan diri dalam menghadapi potensi bencana, seperti banjir dan longsor, karena saat ini kita masih menghadapi cuaca ekstrim," ujar Kapolres.

AKBP Agus juga mengimbau dalam pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diimbau dilaksanakan di lingkungan masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta tidak berkerumun.

Melakukan test PCR atau rapid test bagi masyarakat yang melakukan perjalan ke luar daerah. Pelaksanaan tes disesuaikan dengan aturan moda transportasi yang berlaku untuk memastikan pelaku perjalanan bebas Covid-19. Bagi yang dinyatakan positif agar tidak melaksanakan perjalanan dan melakukan karantina mandiri yang disiapkan pemerintah.

Akbp Agus Waluyo, SIK, juga sudah meminta para Kapolsek sejajaran Polres Simalungun untuk mengidentifikasi tempat wisata yang menjadi sasaran liburan agar memiliki protokol kesehatan, memastikan tidak ada kerumunan, membatasi jumlah wisatawan sampai 50 persen, mencegah terjadinya pesta dengan kerumunan terbuka atau tertutup, termasuk penggunaan pengeras suara yang membuat orang berkumpul secara masif.

Kapolres Simalungun juga akan melakukan koordinasi dengan Forkopimda dan stakeholder lainya untuk mempersiapkan pelaksanaan liburan di wilayah kabupaten simalungun selama perjalanan maupun daerah tujuan pelaku perjalanan dalam rangka pencegahan dan penegakan disiplin.
"Jika masih ditemukan masyarakat yang melaksanakan liburan di daerah-daerah wisata wilayah kabupaten simalungun seperti Parapat, Kebun teh Sidamanaik, Puncak BIS, pemandian Alam Karang Anyer dan lain sebagainya yang sering dikunjungi wisatawan, agar tetep mematuhi protokol kesehatan,  hindari berkerumun, Silakan berlibur dengan mengikuti protokol kesehatan, dan untuk masyarakat yang memasuki wilayah Kabupaten Simalungun agar download aplikasi “Horas Paten“di Play Store, agar masyarakat dapat melakukan Penganduan dan Panic Buton Laka Lantas dan Kejadian Emergency lainya seperti perampokan dan kejahatan lainnya", jelas Kapolres.

AKBP Agus mengharapkan agara dapat mengoptimalkan peran Satgas di wilayah kabupaten simalungun untuk melaksanakan monitoring, pengawasan dan penegakan hukum. "Seluruh kegiatan akan dilaporkan pada pelaksanaan kegiatan antisipasi penyebaran Covid-19 pada libur dan cuti bersama kepada Bapak Kapolda Sumatera Utara, agar nanti pimpinan mengetahui perkembangan di wilayah kabupaten simalungun", ucap Kapolres Simalungun.(sugianto/mk/humas polres simalungun)
x
Share:
Komentar


Berita Terkini