Kunjungan Kerja Staff Khusus Brigjen TNI (Purn) Dr. ALEXANDER Kementrian Kesehatan Dan Peninjauan ke RSUD kabupaten Batu Bara

Editor: metrokampung.com
Bupati Ir.H.Zahir, MAP saat saat sarungkan kain songket batubara kepada staff khusus kementerian kesehatan.

Batu Bara, Metrokampung.com
Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP menerima kunjungan kerja staff khusus Brigjen TNI (Purn) Dr. ALEXANDER kementerian kesehatan  dan peninjauan RSUD Kabupaten Batu Bara bertempat di Aula rumah dinas kantor bupati Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka Kabaputen Batu Bara, Rabu (07/09).

Bupati Ir.H.Zahir, MAP dalam sambutanya mengatakan saya mengucapkan selamat datang di kabupaten Batu Bara dan berterima kasih kepada staff khusus kemenkes dan kadis kesehatan pemprovsu beserta jajarannya, yang telah datang dan memperhatikan masyarakat Batu Bara khususnya dibidang kesehatan, terlebih di masa wabah pandemic covid-19. Ada dua upaya yang sedang dan telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten Batu Bara dalam menghadapi mas apandemi Covid-19 di berbagai aspek, diantaranya aspek kesehatan, social, dan ekonomi. Dalam aspek kesehatan dengan melakukan upaya dan perlindungan kesehatan, seperti pembagian masker, handsanitizier, sosialisasi protocol kesehatan kepada masyarakat dan yang baru ini telah mendatangkan mobil PCR.




"Pada aspek social telah dilakukan program Sosial Safet Net (Bantuan Sosial Kepada Masyarakat Terdampak Covid-19). Dan aspek ekonomi dengan melakukan penguatan ketahanan pangan melalui pemberian stimulus terhadap sector pertanian, peternakan, perikanan, kelatuan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM). Sesuai dengan instruksi PRESIDEN No. 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam pencegahan dan Pengendalian Virus Corona," ujar Bupati-Zahir.

Sambutan Kadis Kesehatan Batu Bara Dr. Wahid menjelaskan kunjungan Staff Khusus Kemenkes merupakan suatu kehormatan bagi kami pemerintah kabupaten Batu Bara khususnya Dinas Kesehatan. Penyebaran covid-19 di kabupaten Batu Bara terbilang masih rendah. Kami dinas kesehatan telah berupaya menyiapkan pencegahan dan pengobatan dalam penanganan virus corona, guna untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Seperti menyediakan UPT Puskesmas di tiap kecamatan, peningkatan tenaga ahli medis dan melengkapi peralatan medis baik di puskesmas hingga RSUD.

Sambutan Staff Khusus  Brigjen TNI (Purn) Dr. ALEXANDER menyampaikan senada dengan penyambutan Bapak Bupati dan Kepala Dinas Kesehatan Batu Bara, kami hadir disini karena ini salah satu bentuk kepedulian kemenkes di daerah – daerah kabupaten dan kota khususnya Batu Bara, untuk Kabupaten Batu Bara termasuk kabupaten yang di perhatikan khusus oleh pemerintahan pusat karena akan banyak diadakan proyek strategis nasional disini. 
Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona sebenarnya sangat mudah, tetapi harus disiplin dan mempunyai niat yang sungguh – sungguh untuk menghindari virus corona ini dengan cara tetap menerapkan protocol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak di keramaian). Untuk obat – obatan virus corona sudah banyak tersedia, untuk itu pemkab harus berkoordinasikan dengan pemerintahan pusat.

Selanjutnya setelah acara di rumah dinas Bupati, Staff Khusus Kemenkes beserta jajaran di damping Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD langsung meninjau lokasi RSUD Batu Bara. Dalam tinjauan ini, staff Khusus Kemenkes memaparkan bahwa RSUD telah memenuhi syarat sebagai rumah sakit rujukan pasien covid – 19 dan sebagai rujukan rumah sakit penyakit lain.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Dr.Alwi Mujahit Hasibuan, Plt Direktur RSUD Dr. Guruh Wahyu Nugroho dan pimpinan OPD.(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini