Wabup DS Hadiri Kick Off Program, Pemberdayaan Usaha Pesantren Al Hidayah

Editor: metrokampung.com
Wabup menghadiri kick off progam pemberdayaan usaha di Pesantren Al Hidayah Kutalimbaru. 

Kutalimbaru, metrokampung.com
Wakil Bupati Kabupaten Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar menghadiri acara Kick Off Program Pemberdayaan Usaha Pesantren Al Hidayah,  Senin (5/10/2020) di Desa Sei Mencirim, Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang.

 Acara yang diadakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara ini dihadiri oleh Pimpinan Pesantren Al Hidayah, Ustad Khairul Gazali, Direktur Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Brigjen Herwan Chaidir serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Wiwiek Sisto Widayat. Camat Kutalimbaru beserta muspika dan beberapa kepala desa.

 Dalam sambutannya, Wabup HM Ali Yusuf Siregar antara lain mengatakan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikana islam tertua di Indonesia telah menunjukkan kemampuannya dan mencetak kader-kader ulama dan turut berjasa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Pondok pesantren mempunyai peranan penting dalam perkembangan daerah, khususnya pada bidang ilmu keislaman dan sosial budaya karena dapat merubah daerah ini yang keterbelakang dan menjadikannya sebagai suatu senjata dalam menghadapi zaman sekarang yang mulai  sangat mengkhawatirkan. Pesantren juga menjadi salah satu lembaga Pendidikan  yang dapat menjadikan generasi muda dan  tangguh dalam bersaing pada zaman global yang tentunya berlandaskan islam.

 “Terdapat 3 potensi yang dimiliki oleh pesantren dalam kemandirian ekonomi yaitu potensi santri, potensi masyarakat disekitar pesantren dan potensi zakat dan wakaf umat. Dengan potensi yang dimiliki tersebut dapat menciptakan kemandirian ekonomi dan membangun bangsa,"ujar HM Ali Yusuf Siregar.

 Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, kegiatan Kick Off pemberdayaan usaha di Pesantren Al  Hidayah merupakan salah satu bentuk dari implementasi Pilar 1 – Pemberdayaan Ekonomi Syariah. Di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Pesantren Al Hidayah merupakan pesantren ketujuh yang memperoleh pengembangan usaha dari Bank Indonesia.

 “Selama tahun 2017 hingga dengan 2020, Bank Indonesia telah melakukan pengembangan usaha di 323 pesantren, yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk regional Sumatera sendiri telah terdapat 82 pesantren yang memperoleh pengembangan usaha dari Bank Indonesia,"bilangnya.

 Lanjut Wiwiek, pengembangan sektor usaha pesantren dilakukan oleh Bank Indonesia dengan memperhatikan letak geografis pesantren, kemampuan sumber daya manusia, potensi ekonomi, dampak bagi masyarakat sekitar, dan peluang untuk memberikan kesempatan meningkatkan kemampuan pengelolaan usaha secara professional. Atas dasar itulah kami memutuskan pengembangan usaha yang diberikan kepada Pesantren Al Hidayah berupa demplot penanaman bawang merah dan cabai merah seluas 3.000 M2 karena sesuai dengan potensi luas lahan yang dimiliki dan latar belakang usaha pertanian yang selama ini dijalani oleh Pesantren Al Hidayah.

Di akhir sambutannya Wiwiek Sisto Widayat berharap, untuk bantuan peralatan yang diantaranya pemberian bantuan sarana pertanian berupa antara lain benih, pupuk, pestisida dapat dimanfaatkan bersama untuk kemajuan usaha pertanian yang dilaksanakan, mempercepat proses kerja, dan meningkatkan produksi yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan kemandirian pesantren.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini