USU Wisuda 3.325 Lulusan Secara Daring

Editor: metrokampung.com
 

Wisuda USU periode IV TA. 2019/2020 yang dilaksanakan secara daring.


Medan, Metrokampung.com
Universitas Sumatera Utara (USU) kembali mewisuda lulusannya secara daring. Prosesi wisuda digelar Selasa (10/11/2020) lalu, USU mewisuda sebanyak 3.325 lulusannya.
Dalam keterangan pers nya, Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokoler USU Elvi Sumanti, ST, M Hum, Senin (16/11/2020), disebutkan wisuda tersebut merupakan periode IV Tahun Akademik 2019/2020 yang telah menyelesaikan studinya mulai dari Juli hingga September 2020.

Wisudawan/wisudawati tersebut adalah program Doktor 37 orang; program Magister 354 orang; program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis 22 orang; program Pendidikan Dokter Spesialis 73 orang; program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis 9 orang; program Dokter Jenjang Magister 46 orang; pendidikan Profesi 417 orang; program Sarjana 1.787 orang dan program Diploma 580 orang. Hingga demikian saat ini jumlah lulusan USU adalah sebanyak 222.386 orang.

Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH M Hum mengatakan di tengah situasi yang kurang kondusif, Universitas Sumatera Utara terus bergiat dan tidak berhenti dalam melakukan pembangunan sarana dan prasarana yang mendukung tercapainya kegiatan pendidikan yang berkualitas, menciptakan lingkungan yang mendorong pertumbuhan inovasi dan kreativitas di kalangan mahasiswa dan akademisi, serta melahirkan berbagai kebijakan yang berpijak pada percepatan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi dalam berbagai aspek.

Prof Runtung mengatakan saat ini kampus USU yang ada di Kwala Bekala sudah berdiri gedung baru Fakultas Kehutanan yang modern dan berkonsep green building serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukungnya yang siap digunakan.

Demikian pula dengan Wisma Internasional yang telah berdiri megah di areal Kampus Universitas Sumatera Utara Padang Bulan.
Selain itu juga telah selesai dilakukan pendirian PT Pembangunan Almamater Sejahtera (PAS), renovasi Gedung Ruang Kelas Kebun Percobaan Tambunan A, renovasi gedung Rumah Sakit Gigi dan Mulut, dan lain-lain.

Sarana fisik tersebut akan segera difungsikan sesuai dengan tujuan pendiriannya begitu pandemi berakhir dan kehidupan normal dapat kembali dilakukan.
Rektor menambahkan prestasi dan capaian terbaik Universitas Sumatera Utara yang diraih hingga Oktober 2020 yakni didukung oleh kerja keras dan kerja sama seluruh civitas akademika USU, pada bulan Februari 2018 telah berhasil mewujudkan impiannya dalam meraih akreditasi A (unggul).

USU masuk dalam peringkat 13 di Klaster I Pemeringkatan Perguruan Tinggi Non Vokasi yang dilakukan oleh Kementerian Ristek Dikti pada bulan Agustus 2019 dan dipertahankan pada Agustus 2020 yang lalu, dengan tetap menduduki peringkat ke-13.
Di bidang penelitian, pada tahun 2019 lalu, Lembaga Penelitian USU berhasil memperbaiki peringkatnya dari peringkat 51 pada tiga tahun sebelumnya menjadi peringkat 15, dan mendapat predikat Lembaga Penelitian Mandiri.

Sedangkan pada 2020 ini Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara juga berhasil melompat ke peringkat 5 dan mempertahankan predikat Lembaga Penelitian Mandiri.

Lonjakan besar juga diraih oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat USU pada 2019, yang memperbaiki peringkatnya dari posisi 52 menjadi peringkat 7, yang berarti naik 45 peringkat.

Pada 27 Mei 2020 yang lalu Menristek-BRIN mengumumkan pemeringkatan Science and Technology Index (SINTA) di mana USU berada di peringkat 5 setelah UI, UGM, ITB dan IPB, di mana posisi ini belum pernah dicapai sebelumnya.

Sebanyak 22 orang dosen USU berhasil masuk ke dalam 500 peneliti terbaik versi SINTA. Di mana yang menempati peringkat 14 adalah Prof Dr Basyuni, dosen Fakultas Kehutanan USU.

Berdasarkan data yang Ditjend Kekayaan Intelektual Kemenkum-HAM 2019, USU masuk ke peringkat 7 dengan 75 permohonan.

Dan yang berhasil diterbitkan sertifikatnya pada tahun 2019 sebanyak 35 sertifikat Patent. Dan pada tahun 2020 ini telah terbit sebanyak 77 Patent Granted. Jumlah sertifikat Patent USU yang ada sampai saat ini sebanyak 122 sertifikat.
Sementara untuk Hak Cipta saat ini terdapat 330 yang terdiri dari Buku dan Sinematografi.

Publikasi ilmiah pada Jurnal Internasional Terindex Scopus, di mana pada tahun 2020 ini USU menduduki peringkat 10 dengan jumlah publikasi 5.522.

Dalam pemeringkatan Webometric, USU mengalami kenaikan peringkat di tingkat dunia dari posisi 1.872 di Januari 2020 menjadi peringkat 1.575 pada Juli 2020. Sementara dalam peringkat Webometrics di Indonesia USU berada di peringkat 8.
Sebelumnya, pada Februari 2018 USU meraih bintang tiga atas penilaian QS Rating dan Tim USU saat ini terus bekerja keras untuk masuk dalam penilaian QS Ranking serta prestasi lainnya. (Ra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini