Bupati Asahan Resmikan Nursery Mangrove di Desa Silo Baru

Editor: metrokampung.com


Asahan, Metrokampung.com
Bupati Asahan bersama staf ahli Menteri Bidang konektivitas Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi RI meresmikan Nursery.Manggrove di Desa Silo Baru, Kecamatan Silo Laut, Sabtu (19/12/2020).

Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Konektivitas Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Sahat M Panggabean mengatakan Pembangunan Nursery  Mangrove inj merupakan bagian dari upaya pemerintah membangun green economy yang berkelanjutan, sehingga bibit pohon yang dikembangkan selain memiliki fungsi ekologi juga memiliki fungsi ekonomi.

"Indonesia ingin menuju green economy yang sustainable yang berkelanjutan dan diharapkan dampak ekonomi kepada masyarakat bawah akan semakin kelihatan, "ungkapnya.

Sahat M Panggabean juga menyampaikan bahwa pembibitan atau Nursery Mangrove guna mendukung upaya pemulihan ekosistem dan ekonomi masyarakat pesisir yaitu dengan melakukan rehabilitasi kawasan mangrove dalam bentuk penanaman, pembibitan, dan pelatihan pengolahan produk turunan mangrove.

"Program rehabilitasi kawasan mangrove merupakan salah satu stimulus ekonomi yang positif pada pelestarian ekosistem pesisir untuk kesejahteraan masyarakat, "sebutnya.

Sementara itu, Bupati Asahan Surya menjelaskan bahwa Pemkab Asahan sangat mendukung rogram pembangunan pembibitan Mangrove yang berada di pesisir pantai lau Asahan.

"Mangrove ini merupakan salah satu upaya penanggulangan degradasi lahan dan kerusakan lingkungan pada ekosistem mangrove dan hutan pantai untuk pencegahan bahaya intrusi air laut, gelombang abrasi, adaptasi-mitigasi tsunami, "ungkapnya.

Selain menjaga abarasi dan gelombang laut. Manggrove juga dapat meningkatkan serapan karbon dan meningkatkan estetika kawasan hutan pantai untuk wisata manggrove, "ujar Bupati Asahan Surya menambahkan. (AS/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini