Deliserdang Raih TOP 45 Inovasi Pelayan Publik

Editor: metrokampung.com
Bupati Ashari saat merima penghargaan Top 45 dari Menpan RB.
Lb Pakam, metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali memperoleh penghargaan dari Pemerintah pusat dengan diraihnya penghargaan “TOP 45” inovasi pelayanan publik dari kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, (Menpan RB) yakni Inovasi DESA SATU (Deli Serdang Sekolah Bermutu), Rabu (25/11/20) di Gedung Tribrata Jakarta.

Penghargaan Nasional bergengsi  tersebut diterima langsung Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan yang di serahkan langsung oleh menteri MENPAN RB Tjahjo Kumolo disaksikan Menteri Dalam negeri Tito Karnavian, Menkumham Yasonna Laoly dan pejabat kementerian lainnya.

Hal itu dikemukakan Kadis Pendidikan Deli Serdang H Timur Tumanggor bersama Kabag TU Pimpinan Ari Mulyawan melalui seluler dari Jakarta. 

Kadis pendidikan Kab.Deli serdang H Timur Tumanggor lebih lanjut mengatakan bahwa Penganugerahan Apresiasi Top 45 DESA SATU(Deli Serdang Sekolah Bermutu) yang diperoleh melalui kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2020 yang disebut “Top 45” ini merupakan ajang tertinggi dari Pemerintah, dalam hal ini Kementerian PAN-RB atas pengakuan praktek inovasi dari jenis atau beberapa jenis pelayanan yang dilakukan di setiap Kementerian/Lembaga atau Pemerintah Daerah.

"Dan Kabupaten Deli Serdang satu-satunya kabupaten/kota di sumatera utara yang ikut kompetisi inovasi pelayanan publik (KIPP) dan meraih penghargaan TOP 45 di tahun 2020 ini, “kata Tumanggor.

Salah satu program yang terpilih mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik yaitu program DESA SATU.DESA SATU (Deli Serdang Sekolah Bermutu) ini adalah salah satu program inovasi di Bidang Pendidikan yang ada di Deli Serdang.

Program tersebut  merupakan Kolaborasi atau gabungan dari 3 inovasi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui dinas Pendidikan. Pertama konsep CERDAS (Percepatan Rehabilitasi dan Apresiasi Terhadap Sekolah) dimulai pada Tahun 2005 dan pernah mendapatkan penghargaan "TOP 99" dari KEMENPAN-RB pada Tahun 2016.

Selanjutnya Konsep OPUNG SARI BASAH BANG (Operasi Pungut Sampah Setiap Hari, Bank Sampah Sekolah dan Pembinaan Berjenjang) dimulai pada tahun 2014 pernah mendapatkan penghargaan TOP 99 dari kemenpan RB tahun 2017 dan MeSRA BerTUAH (Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Orang Tua, Masyarakat dan Sekolah) pada Tahun 2016.

Ketiga Konsep Inovasi di Bidang Pendidikan ini didukung juga oleh dinas - dinas  lainnya. Kami berbesar hati bahwa ketiga konsep ini CERDAS, OPUNG SARI BASAH BANG dan MeSRA BerTUAH telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan usai menerima penghargaan pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi didalam program DESA SATU, ini bukan tujuan akhir inovasi namun kerja keras kita sudah diakui oleh pemerintah pusat.

"Semoga kerja keras dan penghargaan ini sebagai penyemangat dan mampu memajukan Deli Serdang terutama di bidang pendidikan sesuai dengan visi misinya yaitu 

“Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya religius dan rukun dalam kebhinekaan,”kata Bupati Ashari Tambunan.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini