Pemkab Deliserdang Peringati Hari Ibu Ke-92

Editor: metrokampung.com
Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Yunita Ashari Tambunan menyerahkan bantuan pada HUT Ibu ke 92 di Delsierdang.

Lb Pakam, metrokampung.com
Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar mengapresiasi peran ibu dalam membina keluarga pada puncak acara Peringatan Hari Ibu ke 92  yang dirangkai dengan pencanangan Kesatuan Gerak Peberdayaan Kesejahteraan Keluarga yang dipusatkan di Aula Cendana Lantai II Pemkab Deli Serdang, Rabu (16/12/20).

Acara yang turut di hadiri Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Yunita Ashari Tambunan, Ketua GOPTKI Deli Serdang Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharma Wanita Deli Serdang Ny Herawati Darwin Zein, Ketua GOW Deli Serdang Ny Hj Sri Rahmawati Barus, Wakil Ketua Bhayangkara Polresta Deli Serdang Ny Melani Julianto Sirait, Ketua Persit  Kartika Candra Kirana Kodim 0204/DS Ny Asri Jackie Yudhantara, para Pimpinan OPD, dan Organisasi Wanita, acara tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Hari Ibu, Pembacaan UU 1945, Pancasila dan pembacaan sejarah hari Ibu serta penyerahan berbagai hadiah perlombaan.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan dalam pidatonya yang dibacakan Wakil Bupati Dl HMA Yusuf Siregar dalam rangka peringatan hari ibu  ke-92 yang di laksanakan kali ini, suasananya sangat berbeda dibandingkan dengan peringatan hari ibu di tahun - tahun sebelumnya. karena tengah diperhadapkan pada  situasi dan kondisi pandemi Covid 19 melanda  hampir seluruh sisi kehidupan masyarakat, baik ekonomi maupun sosial. Namun, bukan berarti harus mengurangi makna peringatan hari ibu ke- 92 yang diselenggarakan.

"Sejarah membuktikan bahwa kedudukan dan   peranan perempuan, sangatlah urgen dan strategis. Hal ini dapat terlihat dari kongres perempuan pertama pada tahun 1928 yang menandai tonggak perjuangan perempuan indonesia dalam mengambil peran di setiap derap pembangunan, dengan mengisi ruang ruang kontribusi dalam merebut kemerdekaan, menyuarakan berbagai permasalahan, dan turut mencari serta menjadi solusi untuk mengantar indonesia kepada keadaan  seperti sekarang ini," jelasnya.

Namun sejatinya, sambung Wabup, perjuangan perempuan Indonesia, masih belumlah selesai, pencapaian indeks pengharustamaan gender (IPG) dan indeks pemberdayaan gender yang terlihat masih berjalan lamban.
 
"Kita masih mendengar dan melihat terjadi tindak kekerasan terhadap perempuan, ditambah lagi, masih mencoloknya ketimpangan antara perempuan dan laki – laki, dan berbagai persoalan persoalan lainnya yang menyangkut eksistensi sosok perempuan. Melihat kondisi yang demikian ini, tentunya  kita bisa berpangku tangan dan melakukan pembiaran pembiaran yang terus berlangsung, akan tetapi  harus    ada upaya nyata, agar persoalan persoalan yang menyangkut gender,  tidak  lagi  menjadi  isu  utama,"sebut mantan Camat Tanjung Morawa itu sebelum mrnajfi Wakil Bupati.  
                                                                                                             
Sebelumnya Ketua Panitia  Ny. Flora Faisal Arif Nasution pada laporannya menjelaskan maksud dan tujuan pada peringatan Hari Ibu Ke 92 tahun 2020 Kabupaten Deli Serdang yang bertemakan "Perempuan Berdaya,Indonesia Maju" Dengan sub tema perjuangan perempuan di era tatanan baru (new normal), yaitu :“Perempuan - Penyemangat dan Garda Terdepan di Era New Normal” sebagai peningkatan pemberdayaan perempuan melalui kewirausahaan, peningkatan peran keluarga dalam pendidikan anak untuk melahirkan generasi penerus yang berkualitas, mensinergikan kerja sama dengan stakeholder dalam setiap program/kegiatan Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak Kabupaten Deli serdang.

Acara pokok yang dilaksanakan secara virtual dipusatkan di Aula Cendana lantai 2 diikuti oleh Camat, Ketua TP Kecamatan  koordinator dan penyuluh KB di 22 kecamatan, pemberian bantuan dari Loons Club berupa tongkat, alat bantu dengar dan kursi roda, pemberian bantuan paket makanan tambahan bagi bayi yang disampaikan melalui puskesmas sebanyak 550 paket, pemberian bantuan bagi kepala keluarga perempuan sebanyak 550 paket, pemberian bantuan bagi lansia sebanyak 550 paket.

"Pemberian bantuan bagi pelaku usaha mikro perempuan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Deliserdang yang pada hari ini akan disampaikan secara simbolis serta penyerahan hadiah lomba TP PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019," sebut Wabup.

Di akhir acara Wakil Bupati Deli Serdang  HMA Yusuf Siregar menyerahkan piala dan hadiah kepada para pemenang lomba tahun 2019 TP PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara diantaranya, Juara II Lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA Test) TP PKK Kecamatan Percut Seituan, Juara III Lomba Administrasi PKK Kategori Kabupaten TP PKK Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli, Juara Harapan II Lomba UP2K-PKK Kategori Kabupaten TP PKK Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini