Wakamicab Padang Lawas Kunjungi Cadika Lb Pakam

Editor: metrokampung.com
Wabup Deliserdang yang juga Ketua Kwarcab Deliserdangmenerima kunjungan Wakamabi ab Padang Lawas.

Lb Pakam, metrokampung.com
Wakil Bupati Deli Serdang yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Deliserdang, HM Ali Yusuf Siregar menerima kunjungan Wakamabicab Kabupaten Padang Lawas  H Ahmad Zarnawi Pasaribu beserta Pengurus Kamabicab dan Kwarcab Kabupaten Padang Lawas di Aula Taman Cadika Pramuka, Sabtu (21/11/20) di Lubuk Pakam. 

Hadir juga Wakil Ketua Kwarcab Deli Serdang Zainal Abidin Hutagalung, Anggota Mabicab  Khoirum Rizal, TM Zaki Aufa dan Hendra Wijaya, Sekwarcab Yakob Madaranto beserta pengurus lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan Deli Serdang mempunyai 22 Kwaran, terdiri dari 7 Kwaran berada di dataran tinggi, 11 Kwaran di dataran rendah dan 4 Kwaran di Daerah pesisir. Potensi anggota pramuka di kwarcabnya menjadi batometer kualitas dan kuantitas pembinaan kaum muda di Sumut.  

"Hal ini pernah diakui Kamabidasu Edy Rahmayadi saat berkunjung ke Taman Pramuka Lubukpakam. Bahkan beliau menilai aktivitas pramuka di kwarcab ini berikut perhatian pemkab dalam menyediakan fasilitas bagi pembinaan anggota pramuka patut jadi percontohan bagi kwarcab lainnya di Sumut," imbuh Yusuf Siregar.

Wakamabicab  H Ahmad Zarnawi Pasaribu, menyampaikan terima kasihnya atas sambutan hangat yang diberikan segenap pengurus Mabi dan pengurus Kwarcab Deliserdang.

Sebelum menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan yang pada intinya ingin mengetahui secara langsung tugas dan tanggung jawab seorang camat selaku kamabiran dalam tata kelola kwarran, termasuk pengelolaan kepramukaan di tingkat kwarcab, Ahmad Zarnawi awalnya memperkenalkan sejumlah pengurus kwarcabnya yang turut dalam kunjungan itu. Di antaranya Ketua Harian Kwarcab, para wakil Ketua, Kapusdiklat, serta para Kamabiran. 

Saat menyampaikan ekspos, Sekwarcab Deliserdang Yakob Madaranto memaparkan, meskipun anggaran dari APBD untuk kwarcab itu sangat terbatas, namun segala aktivitas kwarcab tetap dilaksanakan secara maksimal.
 
"Pramuka tidak tergantung pada ketersediaan anggaran dari Pemkab,"katanya.

Dengan sikap gotong royong dan semangat Gerakan Deliserdang Membangun (GDSM) yang melibatkan tiga pilar; pemerintah, masyarakat, dan pengusaha, maka apa pun kegiatan yang digelar tidak akan terbentur dana.

“Bahkan setiap kegiatan nasional hingga internasional, kami selalu mengirimkan peserta yang melebihi kuota untuk menutupi kwarcab lain yang tidak mengirimkan pesertanya," papar Yakob.

Terkait studi banding yang menekankan perlunya meningkatkan kinerja kwartir ranting (kwarran), tidak keliru jika Kwarcab Palas menimba pengalaman dari para pengurus kwarcab dan para kamabiran (camat) yang ada di Deliserdang. Sebab kamabiran selama ini juga memberikan dukungan penuh kepada pembina dan peserta didik di kwarrannya, sehingga memudahkan pelaksanaan kegiatan di tingkat kwarran maupun kwarcab.

Menyangkut kuantitas dan kualitas pelatih pembina, pembina, dan peserta didik, Kwarcab Deliserdang teratas dari semua kwarcab se-Sumut. Tidak mengherankan, saat Kwarcab Palas kekurangan tenaga pelatih untuk kursus pembina mahir, maka dari Deliserdang dikirim sejumlah pelatihnya.

Studi banding singkat itu juga diwarnai dengan temu ramah dan diskusi. Selain saling tukar cenderamata, rombongan tamu juga sempat berkeliling melihat fasilitas Taman Pramuka Lubukpakam.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini