Belajar Dari Kejadian Di Makassar, Bupati Zahir Panggil FKDM

Editor: metrokampung.com
Bupati Ir.H.Zahir, MAP saat buka rapat koordinasi FKDM.

Batu Bara, Metrokampung.com
Bupati Batu Bara pimpin sekaligus buka Rapat Koordinasi(Rakor) dalam upaya peningkatan kapasitas anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se Kabupaten Batu Bara, diaula Rumah Dinas Bupati, Komplek Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, Senin (29/03/2021).

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP mengatakan FKDM agar dapat berperan aktif sesuai dengan tugas dan fungsinya, FKDM merupakan wadah pemerintah dalam menyampaikan kabar yang lebih awal tentang kewaspadaan dini, yang kemudian dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah, bahwa FKDM dapat memberikan masukan yang merupakan bahan pertimbangan pemerintah dalam mengambil kebijakan.





"FKDM harus memberitahukan tentang informasi terkait kestabilan ekonomi, keamanan dan kesehatan. Seperti halnya kejadian bom bunuh diri di Makassar, FKDM harus berperan aktif untuk menginformasikan hal tersebut," ujar Bupati Zahir.

Seperti Insfratruktur jalan yang dilalui melebihi kapasitas daya angkut yang bisa berakibat patal terhadap badan jalan(hancur), hal tersebut perlu disampaikan secepat mungkin agar pemerintah dapat memberitahu kepada instansi terkait agar dapat dicegah supaya tidak menjadi hal yang lebih parah lagi.

Kendati selama ini kondisi situasi di kabupaten Batu Bara relatif kondusif, namun kewaspadaan dini masyarakat harus senantiasa dijaga, bahkan bila perlu lebih ditingkatkan lagi di masa - masa yang akan datang.

Kaban Kesbangpol Kabupaten Batu Bara Yafrizal menyampaikan melalui rapat koordinasi ini akan meningkatkan kemampuan para FKDM untuk menampung informasi ditengah - tengah masyarakat, gambaran dan paparan dasar pembentukan FKDM, yang diperlukan pemerintah dalam rangka memberikan masukan pada pemerintah, melalui pertemuan ini diharapkan gagasan dari peserta rapat sebagai pertimbangan terkait diteksi pencegahan dini dapat lebih awal diketahui terhadap suatu masalah ditengah - tengah masyarakat.

“FKDM diharapkan dapat memberikan gagasan informasi sedini mungkin pada pemerintah untuk menjadi bahan pertimbangan dalam menindaklanjuti kejadian atau masalah yang terjadi di daerah",tutur Yafrizal.

Ketua FKDM Kabupaten Batu Bara TH Sitanggang mengatakan FKDM sebagai garda terdepan dan menjadi mitra kerja pemerintah sebagai mata dan telinga ditengah - tengah masyarakat, tentu siap selalu mendukung percepatan pembangunan sesuai dengan harapan yang tertuang pada visi - misi pembangunan Kabupaten Batu Bara.(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini