Kahiyang Ayu Tinjau Pengrajin Rotan dan Pengusaha Kerupuk Jangek di Kec.Medan Helvetia

Editor: metrokampung.com
Ketua TP PKK Kota Medan  Kahiyang Ayu bersama Wakil Ketua I TP PKK, Shaula Arindianti Aulia Rachman, dan Wakil Ketua II Ismiralda Wiriya Alrahman meninjau Tempat Usaha Pengrajin Rotan di Kelurahan Helvetia. 

Medan, Metrokampung.com
Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution, S.TP., M.M. meninjau usaha kerajinan rotan dan pembuatan kerupuk jangek di Kecamatan Medan Helvetia, Selasa (23/3). Peninjauan ini merupakan rangkaian kunjungan kerjanya dalam Pembinaan Kelembagaan PKK dan 10 Program Pokok PKK serta UMKM Kota Medan di Kecamatan tersebut.  

Kahiyang Ayu yang hadir bersama Wakil Ketua I TP PKK, Shaula Arindianti Aulia Rachman, dan Wakil Ketua II Ismiralda Wiriya Alrahman pertama kali meninjau ke tempat usaha pengrajin rotan di Kelurahan Helvetia yang terletak di Jalan Beringin VIII. Kahiyang melihat dengan penuh perhatian berbagai produk yang dihasilkan oleh pengrajin ini.

Ketua TP PKK Medan ini juga berdialog dengan pelaku usaha untuk mengetahui kendala yang dialami, baik dari sisi pemasaran maupun produksi. Sebelum beranjak, Kahiyang juga membeli dua buah produk kerajinan rotan berbentuk vas bunga. 

Dari Kelurahan Helvetia, Kahiyang bergerak menuju Kelurahan Dwikora, tepatnya di Jalan Amal Luhur. Di tempat ini, terdapat usaha pembuatan kerupuk jangek bermerek “Sari Jangek”. Selain berdialog dengan pelaku usaha, Kahiyang juga menyaksikan dengan penuh perhatian berbagai peralatan dalam setiap proses produksi kerupuk yang berbahan baku kulit sapi itu. Sama seperti sebelumnya, Kahiyang juga membeli produk kerupuk jangek pelaku UMKM Kelurahan Dwikora ini. 

Sebelum melakukan peninjauan, Kahiyang juga melakukan pertemuan dengan segenap kader TP PKK Kecamatan Medan Helvetia di kantor Camat Medan Helvetia. Dalam acara yang dihadiri antara lain oleh Kadis 
Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat, Khairunisa Mozasa, Camat Medan Helvetia, Andy Mario Siregar AP, S.Sos, Danramil 06 Medan Sunggal, Kapt. Inf. Hari Susilo, Kapolsek Helvetia, Kompol Pardamean Hutahaean, Ketua Persit KCK Ranting 7 Koramil 06, Nita Hari Susilo, dan Ketua Bhayangkari Ranting Helvetia Riana M Marpaung, Ketua TP PKK Medan Helvetia, dr. Asni Novita Andi Mario itu, Kahiyang meminta kepada seluruh anggota TP PKK Kota Medan untuk mendukung dan ikut mewujudkan program Pemko Medan yakni satu kelurahan satu sentra usaha. Selain dapat memperkenalkan dan memajukan produk UMKM di setiap kelurahan, program ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

“Saya minta seluruh anggota dan kader TP PKK Kota Medan untuk mendukung dan ikut merealisasikan program Pemko Medan dalam UMKM yakni satu kelurahan satu sentra usaha. selain dapat mengembangkan dan memperkenalkan produk UMKM juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Kahiyang Ayu.

Kahiyang juga berharap agar pihak Kecamatan maupun kelurahan dapat bersama-sama dengan TP PKK untuk mengembangkan UMKM. Dengan kolaborasi yang baik, lanjut Kahiyang, program satu kelurahan satu sentra usaha akan berjalan dengan baik. 

Selain itu, Kahiyang juga menyampaikan, produk UMKM yang ada di kelurahan dapat dipajangkan di gerai kantor PKK Kota Medan. Dengan demikian, hal ini dilakukan untuk lebih memperkenalkan produk UMKM dari seluruh kelurahan di Medan kepada masyarakat. 

Pada saat itu, Kahiyang juga menyampaikan pesan Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., agar pihak kecamatan memperhatikan kebersihan drainase agar warga bisa terbebas dari banjir. 

Kehadiran Ketua TP PKK Kota Medan disambut Camat Medan Helvetia, Andy Mario Siregar ini dengan penuh sukacita. Dia mengatakan, kehadiran Ketua TP PKK Kota di Kecamatan Medan Helvetia ini menambah semangat seluruh jajarannya untuk bekerja lebih maksimal, termasuk dalam mendukung program TP PKK dan membina UMKM. 

Senada, Ketua TP PKK Medan Helvetia, dr. Asni Novita Andy Mario mengatakan kehadiran Ketua TP PKK Kota Medan menjadi motivasi anggota dan kader. Pada kesempatan itu Asni juga menyampaikan ekpose tentang 10 Program pokok PKK yang dijalankan oleh TP PKK Medan Helvetia.(Ra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini