Musrembang RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2022

Editor: metrokampung.com


Pakpak Bharat, Metrokampung.com
Dalam Rangka terwujudnya Kabupaten Pakpak Bharat yang maju, berdaya saing, berkeadilan dan sejahtera melalui peningkatan perekonomian dan sumber daya manusia berlandaskan kebudayaan dan pemberdayaan masyarakat, pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun 2022 dengan tema Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Melalui Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Pertanian, di Balai Sada Arih, Kantor Bupati Pakpak Bharat, Selasa (30/03).

Meskipun saat ini wilayah  Indonesia masih dilanda Pandemi Covid-19, Musrenbang RKPD sebagai bagian tahapan penyusunan  RKPD tetap dilaksanakan meskipun mekanisme pelaksanaan sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, yaitu dengan membatasi jumlah peserta dan sebgaian berinteraksi secara online (memanfaatkan video confrence).

Musrenbang RKPD ini merupakan forum pertemuan untuk mendapatkan manfaat atau dampak dari program, kegiatan, dan sub kegiatan pembangunan daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif  perencanaan pembangunan daerah dalam rangka membahas rencana RKPD Kabuparten Pakpak Bharat tahun 2022 menjadi rancangan akhir RKPD Kabupaten Pakpak Bharat tahun 2022.

Hadir dalam kesempatan ini perwakilan Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh kepala Dinas Perpustakan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Ir Halen Purba, pimpinan dan anggota DPRD Pakpak Bharat, Dandim 0206/Dr, Unsur Forkopimda, Ka.Bapeda Provsu Ir, Hasmirizal Lubis, M. Si, perwakilan perangkat daerah provsu, perwakilan bupati tetangga, Sekda Pakpak Bharat, Ketua TP-PKK, Ketua Darma Wanita Pakpak Bharat, pimpinan instansi Vertikal, pimpinan OPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh pemuda, delegasi kecamatan, kepala desa serta unsur lainnya.

Gubernur Sumatera Utara dalam sambutan dan arahannya yang dibacakan oleh oleh kepala Dinas Perpustakan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Ir Halen Purba, mengatakan bahwa Forum musrenbang ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis dimana seluruh komando kepentingan dalam rangka penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap usulan rencana pembangunan sehingga tercapainya kesepakatan terhadap rancangan RKPD tahun 2022 yang telah disusun oleh Pemkab Pakpak Bharat. 

" Berdasarkan prioritas pembangunan provinsi Sumatera Utara 2022 beserta tema maka dalam upaya pencapaian target pembangunan ekonomi maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat, kami meminta agar pemerintah kabupaten /kota dapat mempedomani dan menselaraskan program/kegiatan/sub kegiatan pembangunan kabupaten/kota dengan program/kegiatan/sub kegiatan pembangunan nasional dan dan provinsi Sumatera Utara," katanya.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menetapkan target sasaran makro pembangunan Provsu ditahun 2022 adalah sebagai berikut pencapaian target pertumbuhan ekonomi sebesar 5.0 persen, penurunan angka pengangguran terbuka menjadi 6,72 persen, penurunan angka kemiskinan menjadi 8.40 persen, IPM meningkat menjadi 72,57, GINI rasio menjadi 0,311, laju inflasi kisaran 3,00, PDRB perkapita sebesar 39,18 juta dan nilai tukar petani 114,7.

Bupati Franc Bernhard Tumanggor dalam sambutannya menjelaskan Hasil dari Musrenbang RKPD ini akan dituangkan dalam berita acara kesepakan yang nantinya dijadikan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten pakpak Bharat tahun 2022.  Setelah ditetapkan, RKPD ini nantinya menjadi pedoman dalam penyusunan rancangan kebijakan umum APBD TA 2022 serta rancangan prioritas dan flafon anggaran sementara APBD TA 2022 yang akan dibahas bersama sama dengan DPRD Kabupaten Pkpak Bharat dan pada akhirnya menjadi APBD Kabupaten Pakpak Bharat.

Dalam upaya pencapaian cita cita 5 tahun ke depan akan dicapai melalui misi yaitu, meningkatkan daya saing daerah dan pertumbuhan ekonomi daerah berbasih pertanian, peternakan, budaya dan potensi lokal untuk mempercepat pertumbuhan serta pemerataan ekonomi rakyat melalui penguatan desa dan pemberdayaan masyarakat. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berbasis pendidikan kesehatan dan kesejahteraan sosial. Meningkatkan tata kelola  pemerintahan yang ankuntabel efesien, efektif dan mengutamakan pelayanan publik. meningkatkan pembangunan yang merata berkeadilan dan berkelanjutan serta menciptakan dunia usaha dan investasi yang adil pro rakyat. Meningkatkan dan menguatkan pelestarian dan diplomasi Budaya. 

Dalam kesempatan ini Bupati Franc juga kembali mengingatkan bahwa program utama yang akan dijabarkan dalam RPJMD Kabupaten Pakpak Bharat 2021-2026 adalah, program disektor pertanian, sektor pendidikan, sektor kesehatan, sektor UKM, sektor pekerjaan umum tata ruang dan perhubungan, sektor pariwisata dan olah raga serta program di sektor agama dan budaya.

" Permasalahan di sektor pertanian merupakan permasalahan yang cukup pelik di Kabupaten Pakpak Bharat sebagai kabupaten yang penduduknya didominasi oleh petani, sudah barang tentu dibutuhkan dukungan dan keseriusan dari segala aspek masyarakat terutama dukungan dari Pemprovsu  maupun Nasional termasuk mensukseskan program food estate  di Kabupaten Pakpak Bharat.

Untuk itu Bupati Franc berharap  kegiatan ini tidak membuat kita menjadi jenuh  dan bosan tetapi hendaknya  menjadi cambuk bagi kita untuk bangkit dan melangkah ke arah yang lebih baik,benar dalam melayani masyarakat, berbuat yang terbaik untuk masyarakat dan untuk kabupaten Pakpak Bharat.

Sementara itu Plt. ketua DPRD Kabupaten PakpakBharat, Elson Angkat, mengatakan dalam visi misi pemkab Pakpak Bharat tahun 2020-2024 menilai   ide dan gagasan yang besar. untuk mewujudkan ide dan gagasan tersebut maka diperlukan lompatan lompatan  yang besar serta dibutuhkan sinergi, kebersamaan, kolaborasi kerjasama dalam upaya percepatan pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat. 

Plt. Ketua DPRD Elson Angkat, berharap terhadap program program berskala prioritas dan berdaya saing, perencanaannya sudah dapat ditampung APBD P  tahun 2021 sehingga di tahun 2022 nanti tidak sibuk lagi melaksanakan perencanaan, tetapi di tahun 2022 nanti sudah bisa fokus terhadap pengerjaan kegiatan.

Hasil Musrenbang RKPD Kabupaten Pakpak Bharat ini dituangkan dalam satu berita acara kesepakatan yang ditanda tangani oleh Bupati Pakpak Bharat sebagai pimpinan sidang, pimpinan dan anggota DPRD, perwakilan forkopimda, Kepala Bappelitbang, Perwakilan Perangkat Daerah, perwakilan Camat dan perwakilan masyarakat. (Babe/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini