Wali Kota H.M Syahrial Buka MTQN Ke 53 Kota Tanjungbalai

Editor: metrokampung.com
Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial didampingi Wakil Wali Kota H Waris bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tanjungbalai, Selasa (16/3/2021). (Foto Mk/dok)

Tanjungbalai, Metrokampung.com
Wali Kota Tanjungbalai : Insyaallah Untuk Mendukung Terwujudnya Visi Misi Religius dibidang Keagamaan, Tiga Program Unggulan yakni PENTATIM, GERBANG SURGA dan SAMAWA Akan Menjadi Dasar Pelaksanaannya.

Acara berlangsung hikmat dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri tamu undangan yang terbatas, dimana setiap tamu mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu, wajib memakai masker dan duduk sesuai jarak yang telah ditentukan. 

Dalam sambutannya, Wali Kota H.M Syahrial menyampaikan Al Qur'an merupakan kitab suci dan mujizat bagi Rasulullah SAW, sebagai pedoman kita baik untuk yang membacakan maupun yang mendengarkannya penuh dengan keimanan, semakin sering kita berinteraksi dengan Al Qur'an maka Allah akan meninggikan derajat kita baik dihadapan manusia maupun dihadapan Allah SWT, sebagaimana sabda-Nya "Sebaik baik orang diantara kamu adalah orang yang belajar Al Qur'an dan mengajarkannya (H.R Bukhari)".





Musabaqah Tilawatil Qur'an mempunyai posisi yang sangat penting dalam rangka membangun mental spritual akhlak bangsa. Al Qur'an merupakan sumber pengetahuan serta mengandung nilai nilai kehidupan yang mengajarkan tentang mana yang benar mana yang salah, mana yang baik mana yang buruk serta mana yang sejati mana yang palsu.

"Melalui perhelatan MTQN Ke-53 tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2021 saya mengajak kita semua untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dari tahun tahun sebelumnya, kita jangan terjebak hanya dengan kegiatan seremonial belaka walaupun hal tersebut tidak bisa diabaikan akan tetapi kita berkonsep kuantitas menuju kualitas yaitu banyak pemenang karena ini adalah ajang musabaqah dan mampu mengimplementasikan nilai nilai Qur'ani menuju Kota Tanjungbalai yang berprestasi, religius, sejahtera, indah dan harmonis (BERSIH) sebagaimana tema MTQN Ke-53 kita tuntaskan buta aksara Al Qur'an menuju Kota Tanjungbalai yang BERSIH, " harap Wali Kota.

Sesuai janji politik kami, saya bersama wakil wali kota akan terus melanjutkan program Penyantunan Anak Yatim (Pentatim) dan baru pada hari minggu kemarin saya sudah memulai dan melaksanakan kegiatan keagamaan yang saya beri nama "Gerbang Surga" Gerakan bangun subuh keluarga bersama Wali Kota Tanjungbalai dan tentunya dalam waktu dekat ini kami juga akan melaunching program yang kami beri nama "SAMAWA" yakni Syahrial Bersama Waris  yang mana program ini bertujuan mengajak masyarakat Tanjungbalai dalam mendalami ajaran agamanya dan mempraktekkannya ditengah-tengah masyarakat.

"Pada kesempatan ini, saya juga sampaikan kepada OPD bahwa pemberian honor kepada para guru mengaji dan Bilal Mayit akan langsung dibayarkan melaui Bank Sumut. Khusus kepada Ketua MUI Tanjungbalai agar kiranya turut membantu kami dalam membina ummat islam di kota Tanjungbalai," sebutnya.

Dalam bincang-bincang saya dengan Direktur Bank Sumut, saya berencana akan membangun panggung utama MTQ yang permanen yang dananya berasal dari CSR Bank Sumut, mendengar rencana tersebut, Pimpinan Bank Sumut sangat mendukung dan akan membantu Pemkot Tanjungbalai.

Ketua DPRD Tanjungbalai, Tengku Eswin menyampaikan momen MTQ menjadi tolak ukur bagi kita untuk menilai sejauh mana generasi muda dalam membaca Al Qur'an. Al-Qur'an adalah sebagai sumber pembeda antara hak dan yang bathil. MTQ ini juga jangan hanya seremonial saja tetapi diaplikasikan dalam kehidupan Sehari-hari.

Sebelumnya, Sekdakot Tanjungbalai, Yusmada sebagai ketua panitia pelaksanaan MTQN Ke-53 tingkat Kota Tanjungbalai tahun 2021 mengatakan MTQN Ke-53 tingkat Kota Tanjungbalai akan diikuti 259 peserta dari seluruh Kecamatan dan akan mengikuti cabang yang diperlombakan diantaranya cabang Tartil, cabang Tilawah, cabang Hifzhil Qur'an, cabang Qira'ah Sab'ah, cabang Syarhil Qur'an, cabang Fahmil Qur'an, cabang Tafsir bahasa indonesia, arab dan inggris, Cabang Khattil Qur'an, cabang KTIQ dan cabang Qori Lama yang pelaksanaannya akan dilaksanakan 15 s/d 18 maret dibeberapa lokasi yakni Masjid Nurul Iman, MAN Tanjungbalai, Halaman MTs negeri dan SMP negeri 1 Tanjungbalai. (ES/Mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini