Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto Disambut oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib

Editor: metrokampung.com
Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai Menerima Kunker Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terkait peran Pemkot Tanjungbalai dalam hal P4GN di Kota Tanjungbalai, Kamis (20/5/2021). (Foto Mk/dok)

Tanjungbalai, metrokampung.com
Rombongan DPRD SU yang dipimpin Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto disambut oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib bersama Kepala BNNK Tanjungbalai AKBP Magdalena Sirait, Asisten Pemerintahan Setdakot Tanjungbalai Nurmalini Marpaung, 
Kaban Kesbangpol kota Tanjungbalai Usni Syahzuddin Sinaga, Kabag Pemerintahan dan Otda Pahala Zulfikar di Aula Thamrin Munthe, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Kamis (20/5/2021).

Plt Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib mengucapkan terimakasih kepada rombongan Komisi A DPRD Sumut di Kota Tanjungbalai dalam rangka menjaring dan menyerap aspirasi masyarakat berkaitan dengan P4GN. 


Lanjut H.Waris Thalib, bila dicermati terkait penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba  yang merupakan musuh seluruh bangsa dan elemen masyarakat, karena  kejahatan tersebut terorganisir dan termasuk kejahatan kemanusiaan yang membahayakan. 

"Ada situasi baru yang sangat menarik untuk dibahas terkait P4GN, dimana beberapa waktu lalu kami juga telah duduk bersama dengan Kapolres dan Kepala BNNK Kota Tanjungbalai dalam membahas pencanangan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) di Kota Tanjungbalai dan untuk mewujudkannya Pemkot Tanjungbalai telah mengalokasikan anggarannya," sebut Plt Wali Kota.

Disampaikan Plt Wali Kota, Implementasi P4GN yang akan dilaksanakan salah satu contohnya dan menjadi gagasan sebagai bentuk buah pikiran yaitu Kementrian Agama saat masyarakat kita melakukan pengurusan pembuatan buku nikah harus dilakukan tes urine sebagai bentuk pencegahan penggunaan narkoba.

Memang kita harus sangat berhati hati dalam pelaksanaan dan penerapan P4GN agar langkah ini kedepannya bisa terealisasi dengan baik, mudah mudahan melalui pertemuan dan kunker Komisi A DPRD Sumut do Kota Tanjungbalai dapat membantu dan memberikan solusi terbaik dalam penerapan dan pelaksanaan P4GN di Kota Tanjungbalai, Ujar H. Waris Thalib 
"Bila dilihat dari persentase terbesar sasaran pengguna Narkoba saat ini adalah kaum milineal dan banyak tercatat masih berstatus usia pelajar dan mahasiswa, hal ini tentulah sangat memprihatinkan," ungkapnya.

Dampak dari peredaran narkoba telah masuk dalam lini mengancam hilangnya generasi muda berkualitas semakin nyata.
Untuk itu ungkap Plt Wali Kota, Pemkot Tanjungbalai mempunyai komitmen terhadap upaya-upaya pencegahan, pemberantasan dan penanggulangan serta peredaran gelap narkoba dengan sinergitas bersama Forkopimda Tanjungbalai, TNI-Polri dan Masyarakat Tanjungbalai," pungkas Plt Wali Kota H. Waris Thalib.

Sementara itu Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto menyampaikan kami sangat mengapresiasi kepada kota Tanjungbalai yang menjadi salah 1 Kab/Kota dari 23 daerah yan berhasil menjalankan pilkada serentak di masa Covid-19.

"Terkait Peredaran Narkoba, berdasarkan fakta dilapangan menunjukan bahwa Sumatera Utara menduduki rangking pertama di Indonesia sebagai daerah yang peredaran dan penggunaan narkoba cukup tinggi".

Maka dalam kesempatan dan agenda kali ini kita menjadikannya sebagai langkah awal sebagai bentuk perang melawan narkoba ( War On Drugs ), kita bersama menyentuh hati masyarakat untuk mengatakan dan melangkah bersama melawan narkoba, ujar Hendro Susanto.

Sebelum ke kantor Wali Kota, kami sebelumnya mengunjungi Polres Tanjungbalai melihat secara langsung bukti penangkapan yang baru dilakukan Polres Tanjungbalai yang telah berhasil menangkap sebanyak 57 bungkus narkoba yang kalau diperkirakan berat 1 bungkus itu mencapai 1 kg, untuk itu kami dari DPRD Sumut khususnya Komisi A mengapresiasi kinerja Kapolres Kota Tanjungbalai dan juga Plt Wali Kota Tanjungbalai, ucap Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto.

Kepala BNNK Kota Tanjungbalai, AKBP Magdalena Sirait dalam kesempatan tersebut mengatakan, saat ini BNNK Tanjungbalai terkait dengan masalah Inpres yang disampaikan oleh Komisi A DPRD Sumut, bahwa penerapan Inpres tersebut sudah berjalan di lingkungan Kota Tanjungbalai.

"Terkait program desa/ kelurahan bersinar dalam tahun ini kita akan mulai menjalankan program tersebut karena harapan kita bersama mampu memberikan shock terapi dan selanjutnya mampu menekan angka peredaran narkoba di Kota Tanjungbalai," sebutnya.

"Untuk mensukseskan program desa/kelurahan bersinar, kita juga sudah melatih beberapa orang yg terpilih dari tiap tiap kelurahan yang nantinya ketika kembali dari pelatihan ke lingkungan masing-masing diharapkan mampu merangkul orang orang yang telah kecanduan narkoba, kembali hidup normal kembali dan menjauhi narkoba," harapnya.

Acara berakhir ditandai dengan serah terima Plakat antara Plt Wali Kota Tanjungbalai kepada Ketua Komisi A DPRD Sumut dan Foto bersama.(ES/Mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini