Bupati Simalungun Gelar Rapat Koordinasi Perkembangan Isu dan Tindak Lanjut Pembangunan DKPN Danau Toba dengan Kemenko Marvest

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH mengelar rapat koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marvest), membahas perkembangan isu dan tindak lanjut pengembangan Daerah Kawasan Stratetgi Pariwisata Nasional (DKSPN) Danau Toba di wilayah Simalungun, Rabu (9/6/2021) di Inna Hotel Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumut.

Dalam sambutannya Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH menyampaikan terimakasih kepada Kemenko Marvest melalui Assiten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Sartin Hia dalam membahas isu dan tindak lanjut pengembangan daerah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Danau Toba khususnya di wilyah Simalungun.

Bupati menyampaikan bahwa, Pemkab Simalungun siap mendukung pemerintah pusat untuk percepatan pembangunan pariwisata Danau Toba di wilayah Simalungun yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kita telah menyediakan 120 hektar lahan untuk lokasi pengembangan kepariwisataan di Danau Toba dan kita berharap Kemenko Marvest dan Badan Pelaksanaan Otorita Danau Toba (BPODT) mendukung dan segera mengambil action serta secepatnya mengeksekusi lahan terebut menjadi kawasan pariwisata," ujar Bupati. 

Sementara itu,  Asisten Deputi Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Kemenko Marvest Sartin Hia menyampaikan lima isu pokok bahasan yang perlu untuk dibahas dan ditindak lanjuti, pertama, perkembangan pekerjaan penataan kawasan ruang terbuka Pantai Bebas Parapat dan Atsari.


Kedua, perkembangan penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Toba Wilayah Simalungun, ketiga, Perkembangan penertiban pedagang di Kawasan Pengasingan Soekarno Parapat, ke empat, pengelolaan benda dan bangunan cagar budaya Pengasingan Soekarno Parapat dan ke lima traffic managemen di kawasan Danau Toba. 

Menanggapi isu perkembangan di Kota Wisata Parapat, Bupati menyampaikan pihaknya siap mendukung program pemerintah pusat agar percepatan pembangunan kepariwisataan di Simalungun berjalan lancar.

Bupati juga meminta kepada instansi terkait di jajaran Pemkab Simlaungun untuk pro aktif menyikapi program pembangunan dari Pemerintah Pusat dalam pengembangan pariwisata Danau Toba di Kabupaten Simalungun.

Dalam rapat koordinasi itu juga di paparkan progres pembangunan saluran drainase dan penataan trotoar, pembangunan ruang publik Pantai Bebas Parapat, Dermaga Atsari Parapat oleh Kementerian PUPR dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) II Sumatera Utara serta rencana pengembangan wisata cakar budaya Pesangrahan Bung Karno oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam kesempatan itu, tampak hadir dari Kementerian Perhubungan melalui Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumatera Utara Batara, Dirut BPODT Jimmi Bernando Panjaitan, Direktorat Freservasi Wilayah Dirjen Bina Marga Kementrian PUPR Siti Marsiah, Balai Besar PJN II Wilayah Sumut diwakili Asep Tahyan, Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Simalungun dan undangan terbatas serta mengikuti protokol kesehatan. 

Secara virtual zoom,  rakor juga diikuti oleh Kementerian Desa dan Kementrian Perhubungan.(sugianto/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini