Didukung Pemilik KJA, 20 Juni Bupati Simalungun Pimpin Pemangkasan Secara Bertahap di Haranggaol Horisan

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Bupati Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga SH (RHS) memimpin rapat koordinasi rencana pemangkasan Keramba Jaring Apung (KJA) di kawasan Danau Toba Haranggaol Horisan, di Pantai Haraggaol Horison Kecamatan Haranggaol Horison Kabupaten Simalungun, Sumut, Senin (14/06/2021).

RHS menyampaikan, bahwa Haranggaol Horisan merupakan kawasan yang sangat diberkati Tuhan.

“Saya masih ingat, sebelum ada usaha KJA, pantai Haranggaol Horisan ini, tempat berlabuhnya kapal-kapal besar, karena di kecamatan ini, ada dua hari pekan, dan jalanan menjadi padat,” kata RHS.

Kemudian, disebutkan RHS, setiap hari Sabtu dan Minggu, Haranggaol Horisan menjadi destinasi wisata yang sangat diminati masyarakat dari berbagai daerah.
Namun, seiring waktu berjalan, terjadi perubahan yang sangat luar biasa, kawasan pantai mulai terhalangi oleh munculnya KJA. “Begitulah perubahan yang terjadi,” kata Bupati.


Pada kesempatan itu, Bupati RHS mengingatkan kembali kepada para pemilik KJA, tentang program pemerintah pusat, yaitu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang salah satunya adalah destinasi wisata kawasan Danau Toba, yang menjadi skala prioritas.

“Kita harus mendukung kebijakan tersebut, dengan tidak mengorbankan apa yang sudah dikerjakan para pemilik KJA selama ini. Memang, menjadi sangat sulit untuk mengalihkan sebuah profesi yang telah memberikan kesejahteraan. Tetapi, kita harus menciptakan kesamaan persepsi ke depan, seperti apa mau kita buat,” kata RHS.

Ketua Asosiasi Dearma Haranggaol, Piter Damanik, menyampaikan dukungan terhadap kebijakan pemerintah pusat, namun disebutkannya, agar pemerintah melakukan pemangkasan yang sifatnya berkeadilan.

“Kita, masyarakat Haranggaol Horisan sangat komperatif, tinggal petunjuk pelaksana dari pemerintah kabupaten agar dilaksanakan dengan baik, karena ada 6 zona dan semua ada ketuanya,” kata Piter Damanik.

“Kita akan melakukannya secara bertahap. Yang penting kita sepakati adalah, bagaimana merespon kebijakan pemerintah pusat, tanpa mengganggu kondisi perekonomian masyarakat, khususnya pengusaha atau pemilik KJA,” kata RHS yang mengharapkan jangan terjadi gejolak sosial dalam kebijakan pemangkasan KJA di wilayah Kabupaten Simalungun.

Dalam rapat koordinasi tersebut, juga disampaikan ada 147 kepala keluarga, yang memiliki 2-10 lubang KJA, tidak akan dilakukan pemangkasan. Yang dilakukan pemangkasan, adalah KJA yang jumlahnya 20 lubang ke atas.

Pembersihan akan dimulai 20 Juni, dimana masyarakat akan membersihkan KJA-nya sendiri dibantu pihak Sat Pol PP dan BPBD. Setelah Haranggaol Horisan, pembersihan KJA akan dilakukan seluruhnya di Danau Toba Kawasan Simalungun.

Disampaikan Bupati RHS, asosiasi bisa menjadi pendukung dalam penyampaian program penataan ini kepada masyarakat.  
Bupati menyatakan telah siapkan anggaran Rp 8 miliar untuk Simalungun. “Ini bentuk kontribusi saya dalam program haroan bolon,” katanya.(sugianto/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini