Ditinjau Kasdim 0204/DS, RTLH Milik Miskun Segera Direhab

Editor: metrokampung.com

BANGUN PURBA, metrokampung.com
Satu lagi rumah warga yang tidak layak huni akan segera direhab Satgas TMMD ke-111 Kodim 0204/DS. Rumah tersebut adalah milik Miskun Saragih di Dusun VIII, Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang.

Senin (28/6/2021) rumah tersebut langsung ditinjau Kasdim 0204/DS Mayor Inf Toto Triyanto untuk melihat kepantasan dan berdialog dengan penghuninya.

Rumah Miskun awalnya berdinding tepas dan sebagian besar kondisinya sudah kupak-kapik. Sehingga ketika angin kencang bertiup langsung menembus dinding dan dirasakan penghuninya. Pun begitu ketika hujan deras, dinding tepas tak mampu menahan tempias.

"Paling terasa saat malam. Tidur kami pasti terganggu karena angin malam yang dinding langsung menusuk tulang. Begitu juga saat hujan deras turun, angin disertai butiran-butiran air hujan masuk ke dalam rumah," ujar istri Miskun.

Untuk mengatasi hal itu, Miskun pun terpaksa melapisi dinding rumahnya yang rusak dengan seng bekas. Tapi risikonya, kalau siang hari sangat panas.

Menanggapi keluhan itu, Kasdim 0204/DS pun menjanjikan setelah direhab, kondisi itu tak akan terjadi lagi. Soalnya, rumah Miskun akan dibuat permanan dengan dinding beton.

"Ibu kan sudah melihat rumah-rumah lainnya yang hampir selesai direhab. Semuanya permanen dan menjamin penghuni bisa hidup dengan nyaman. Selain itu juga rumah akan memenuhi standar kesehatan dengan kamar mandi dilengkapi WC yang standar," ujar Kasdim.

TMMD ke-111 Kodim 0204/DS salah satu sasaran fisiknya adalah merehab enam unit RTLH. Progres sebagian besar rumah tersebut sudah hampir selesai, tinggal pengerjaan akhir. 
(Sumber: Kodim 0204/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini