Masyarakat Nagori Mariah Dolok Kecamatan Dolok Silou Melaksanakan Haroan Bolon

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Masyarakat Nagori Mariah Dolok Kecamatan Dolok Silou Kabupaten Simalungun,  Sumut,  melaksanakan haroan bolon (gotong royong)  memperbaiki jalan di nagori itu, Sabtu (26/06/2021).

Menurut Camat Dolok Silou Agusti Ginting SPt, kegiatan haroan bolon ini merupakan tindak lanjut program gerakan haroan bolon membangun Simalungun yang digagasi oleh Bupati Simalungun, dan kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan masyarakat Kecamatan Dolok Silou untuk menyukseskan program tersebut. 



"Saat ini kami bersama masyarakat nagori Mariah Dolok melaksanakan gotong royong memperbaiki jalan di nagori ini sebagai persiapan untuk melaksanakan haroan bolon dalam skala lebih besar pada Sabtu depan bersama dengan masyarakat Nagori Saran Padang,"kata Agusti. 

Segala kebutuhan seperti material untuk memperbaiki jalan bersumber dari swadaya masyarakat. "Inilah bentuk dukungan kami dalam menyukseskan program gerakan haroan bolon membangun Simalungun,"ungkap Agusti. 

Menurut Agusti, sasaran kegiatan haroan bolon adalah jalan penghubung empat nagori yakni nagori Mariah Dolok,  Silou Marawan,  Huta Saing dan Bosi Sinombah, yang merupakan satu-satunya jalan yang digunakan masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari termasuk sebagai sarana untuk menjual hasil pertanian masyarakat. 

"Ada lebih kurang 7 Km panjang jalan ini yang menghubungkan empat nagori, namun yang rusak parah sekitar 300 meter  di huta Dolok Maraja Nagori Saran Padang berbatasan dengan Nagori Mariah Dolok yang melintasi bah tolong. Rencana kami akan melakukan pengecoran dan pengaspalan jalan yang rusak tersebut dan parit jalan melalui swadaya,"jelas Agusti. 

Agusti berharap,  dengan diperbaikinya yang tersebut sapat meningkatkan perekonomian masyarakat petani, dimana selama ini hanya kerena kerusakan jalan tersebut hasil produksi petani menjadi murah,  sementara itu harga pupuk dan saprodi (sarana produksi) pertanian mahal. "Jadi masyarakat merasa rugi, padahal hasil produksi pertanian di kecamatan ini cukup baik,"ujarnya.

Sementara itu,  Kadis Kominfo Simalungun memyampaikan himbawan kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan disetiap aktifitas sehari-hari meskipun kita melakukan kegiatan gotong royong.

Wasin juga mengharapkan kepada para camat dan pengulu/lurah untuk senantiasa mengingatkan masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan dimanapun berada dan beraktifitas.(sugianto/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini