Pemkab Deli Serdang Terima Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2020 dari Menpan-RB

Editor: metrokampung.com
Bupati Ansari Tambunan (kiri) menerima piagam penghargaan dari Menteri Menpan-RB yang disampaikan Kepala Biro Organisasi Provinsi Sumatera Utara mewakili Gubsu, Aprilla H Siregar.

Lb Pakam, metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) , yaitu penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori  “Sangat Baik” Tahun 2020 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Publik (Menpan RB). Acara penyerahan piagam penghargaan tersebut berlangsung di Aula Cendana Kantor Bupati, Kamis (24/6/21) Lubuk Pakam.

Penyerahan piagam penghargaan dari Menteri Menpan-RB ini dilakukan oleh Kepala Biro Organisasi Provinsi Sumatera Utara mewakili Gubernur Sumatera Utara, Aprilla H Siregar  diterima langsung Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan.
 
Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dalam sambutannya mengatakan pelayanan publik merupakan prioritas utama dalam reformasi birokrasi. Berbagai terobosan terus dilakukan dalam rangka percepatan peningkatan pelayanan, hal ini adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 
 
"Program penghargaan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kementerian pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kemenpan RB adalah hal yang sangat baik dan sangat kami apresiasi karena bertujuan untuk mendorong terciptanya pelayanan publik yang berkualitas dan profesional,"katanya.
 
Hari ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyerahkan penghargaan pelayanan publik dari Menteri Menpan -RB dengan kategori sangat baik. Penghargaan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Deli Serdang untuk terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat terutama kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Deli Serdang. 
 
Ashari Tambunan juga mengapresiasi Kadis Dukcapil Deli Serdang beserta para staf atas prestasi yang telah diraih dan berharap kedepannya kinerja yang sudah baik tersebut lebih ditingkatkan lagi.

Penghargaan yang telah raih ini, lanjut Bupati, bukanlah tujuan akhir namun justru menjadi tanggung jawab yang lebih besar lagi agar kedepannya pelayanan publik Disdukcapil dapat bekerja lebih keras dan lebih cerdas untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkelanjutan. 
 
“Kepada organisasi perangkat daerah lain khusus yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, jadikan ini sebagai motivasi dan pendorong untuk kantor saudara dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat tunjukkan Inovasi dan kreativitas sehingga pelayanan dapat lebih cepat,"harap Bupati.
 
Sambutan Gubernur Sumut yang disampaikan oleh Kepala Biro Organisasi PSumut, Aprilla H Siregar antara lain mengatakan pelayanan berkelanjutan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah kementerian dan mengeluarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan – RB ) Nomor 17 Tahun 2017 tentang pedoman penilaian kinerja unit penyelenggara pelayanan publik dengan kegiatan evaluasi pelaksanaan pelayanan publik kepada unit penyelenggara pelayanan publik.

 Untuk Tahun 2020 di tingkat Pemerintah kabupaten kota sebagai akibat pandemi covid 19 di fokuskan hanya kepada dua organisasi perangkat daerah, yakni Dinas Penanaman modal perizinan terpadu satu pintu dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil.   

"Penilaian terhadap kinerja pelayanan publik lebih difokuskan pada enam komponen antara lain adalah kebijakan pelayanan profesionalisme sumber daya manusia sarana dan prasarana sistem informasi pelayanan publik konsultasi dan pengaduan serta inovasi,"jelasnya.

  Aprilla H Siregar juga mengatakan pada hari ini kita menyaksikan bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam upaya peningkatan pelayanan publik dan sesuai hasil evaluasi pelayanan publik tahun 2020 mendapat nilai 4,03 kategori A (sangat baik) pada Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan nilai 3,81 kategori B ( baik ) kepada Dinas Penanaman Modal perizinan terpadu satu pintu.

 “Pencapaian tersebut tentunya sangat membanggakan akan tetapi saya ingatkan hal itu bukanlah merupakan akhir dari upaya perbaikan pelayanan,"ucapnya.
 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bupati beserta jajarannya khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Deli Serdang yang telah berupaya sekuat tenaga meningkatkan layanannya.

 Turut hadir Sekdakab Darwin Zein, Asisten III Dedi Maswardy,  Kadis Dukcapil Gustur Husin Siregar, beserta sekretaris, kabid dan staf, Kadis Perizinan, M Salim, Kadis Sosial, Rudi Akmal Tambunan,  Kadis Kominfo,  Hj. Miska Gewasari, Kadis Naker Binsar Sitanggang, Kabag Organisasi,  Syahrul, Kabag. Umum M. Abdul Rijali Siregar serta mewakili Kepala OPD terkait.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini