Peringatan HANI 2021 Wabup Deli Serdang Serahkan Penghargaan

Editor: metrokampung.com
Wabup menyerahkan hadiah pemenang turnamen tenis meja antar instansi Deli Serdang yang diprakarsai oleh BNNK Deli Serdang.

Lb Pakam, metrokampung.com  
Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar menghadiri Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) Tahun 2021 melalui virtual. bertempat di Aula Cendana Kantor Bupati, Senin (26/6/21).

 Peringatan HANI ini dihadiri juga  Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri, Kepala BNNK Kabupaten Deli Serdang AKBP Suhadi, Kepala OPD terkait mewakili Forkopimda, beberapa kades dan tamu undangan lainnya.

 Peringatan HANI 2021 secara nasional melalui virtual tersebut dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Istana Negara, Jakarta.

 Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya meminta BNN untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang (narkoba) di Tanah Air.

 “Saya minta kepada BNN RI yang merupakan leading sektor dalam Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) untuk melakukan langkah-langkah strategis,” ujarnya.

 Terkait hal tersebut, Wapres memaparkan setidaknya 4 langkah strategis yang dapat ditempuh BNN dalam rangka melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024 (RAN P4GN).

 Pertama, memperkuat intervensi ketahanan keluarga, mengedukasi secara dini kepada anak-anak dan masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, serta mendorong partisipasi lembaga terkait, lembaga pendidikan dan organisasi serta kelompok masyarakat.

“Kedua, mengintervensi daerah bahaya narkoba agar menjadi daerah yang bersih dari penyalahgunaan narkoba,” ujar Wapres.

 Ketiga, meningkatkan penyediaan layanan rehabilitasi melalui intervensi berbasis masyarakat, meningkatkan dan mempertahankan kualitas layanan rehabilitasi sesuai standar nasional, yang didukung dengan peningkatan kualitas SDM dalam pelaksanaan rehabilitasi.

 “Keempat, memperkuat dan memperluas jejaring kerja sama pencegahan dan pemberantasan narkotika baik pada level dalam negeri, domestik, maupun internasional,” lanjut Wapres.

 Lebih jauh Wapres mengingatkan bahwa langkah-langkah strategis RAN P4GN ini hanya akan berjalan secara optimal apabila dilakukan melalui kerja bersama dengan seluruh komponen bangsa.

 “RAN P4GN ini akan dapat berjalan secara optimal dengan adanya kerja inklusif dan kolaborasi dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan seluruh komponen masyarakat Indonesia,” tandasnya.

 Usai peringatan HANI yang dibuka Wakil Presiden, Kepala BNNK melakukan pemaparan tentang Pilot Project Desa Bersinar dan Implementasi RAN Inpres 2 Tahun 2020 sekaligus Wakil Bupati  menyerahkan penghargaan kepada Rencana Aksi Nasional kepada lembaga/Instansi yang responsif terhadap kebijakan P4GN dan hadiah pemenang turnamen tenis meja antar instansi Deli Serdang yang diprakarsai oleh BNNK Deli Serdang.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini