Sidak ke RSUD Dr Hadrianus Sinaga, Bupati Samosir Minta Petugas Medis Tidak Menolak Pasien

Editor: metrokampung.com
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bersama ketua komisi I DPRD Samosir Saur Tua Silalahi, melakukan Inspeksi Mendadak, ke RSUD Hadrianus Sinaga, Senin (07/06/2021).

Samosir, metrokampung.com
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bersama Ketua Komisi I DPRD Samosir Saur Tua Silalahi, didampingi Kadis Kominfo, direktur RSUD Hadrianus Sinaga, dr Friska Situmorang, menggelar inspeksi mendadak (sidak) di RSUD Dr. Hadrianus Sinaga guna melihat pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Senin (07/06/2020).

Kunjungan Bupati tersebut untuk memastikan seluruh pelayanan yang ada pada setiap unit di rumah sakit sudah berjalan dengan baik sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Dalam sidaknya, Bupati Vandiko langsung menuju pelayanan publik yang ada di IGD. Bupati menanyakan kepada petugas mengenai prosedur pelayanan dan rujukan, dan mengecek kehadiran tenaga medis, termasuk jumlah dokter spesialis yang ada dengan yang dibutuhkan rumah sakit saat ini.


“Hari ini kita ingin melihat langsung pelayanan yang dilakukan rumah sakit terhadap masyarakat, termasuk kesiapan tenaga medis dan non medis. Kepada seluruh tenaga medis saya meminta agar selalu memberikan pelayanan prima, apalagi daerah kita merupakan destinasi wisata,” jelasnya.

Di sisi lain, Bupati juga meminta kepada petugas pelayanan agar tidak menolak pasien yang datang ke rumah sakit, walau bukan berdomisili di Samosir.

“Saya minta kepada petugas, jika ada pasien yang datang harus mendahulukan keluhan dan penanganannya. Seluruh pelayanan harus dilakukan dengan sepenuh hati” pintanya.

Terkait penanganan Covid-19, Bupati meninjau ketersediaan obat dan ruangan isolasi. Bupati juga meninjau beberapa sarana dan prasaranan rumah sakit yang perlu dilakukan perbaikan, termasuk instalasi dan kebersihan ruangan.

“Saya juga menyarankan agar pihak rumah sakit menyiapkan layanan hot line, agar keluhan dari masyarakat bisa juga diketahui oleh direktur rumah sakit dan bisa direspon dengan cepat. Sekali lagi saya meminta kepada seluruh dokter dan perawat untuk stand by sesuai standar pelayanan, dan kita bisa melayani dengan sepenuh hati dan rasa tanggungjawab,” tegasnya.

Ketua Komisi I DPRD Samosir Saur Tua Silalahi yang juga turut dalam sidak ini, mengatakan dalam menyikapi peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Samosir saat ini agar seluruh petugas pelayanan rumah sakit tetap mengikuti protokol kesehatan. Beliau juga memberi masukan perlunya kerja sama antara Dinas Kesehatan dan RSUD, dan memastikan pelayanan kesehatan bisa sampai ke desa-desa.

Sementara itu, Direktur RSUD, dr. Friska Situmorang mengatakan kedatangan Bupati adalah untuk melakukan Sidak adalah upaya untuk memberikan masukan kepada pihaknya sehingga kedepan dapat meningkatkan pelayanan.

" RSUD Dr.Hadrianus Sinaga memiliki 17 dokter spesialis, 10 dokter umum, dan 1 dokter gigi, yang semua dokter spesialis bekerja full time, kecuali dokter jantung dan THT yang bekerja hanya 3 hari (dokter jantung: selasa, rabu, kamis, dan THT: rabu, kamis, jumat)"ujar dr Friska Situmorang. 

Setelah monitoring pelayanan di RSUD, bersama ketua komisi I DPRD Samosir,  Bupati Samosir meninjau fasilitas Rumah Tunggu Kelahiran yang berada tidak jauh dari rumah sakit. RTK ini merupakan tempat tinggal sementara bagi ibu hamil dan pendampingnya selama beberapa hari sebelum menunggu persalinan dan sesudah bersalin. Bupati meminta pihak terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk memperbaiki dan menambah fasilitas yang disediakan.(horas/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini