Amir Roez feat Ocka Sampaikan Pesan Perdamaian untuk Dunia Lewat Rilis Lagu Seperti Waktu

Editor: metrokampung.com

Jakarta, metrokampung.com
Pandemi Covid-19 masih terjadi hingga saat ini, wabah tersebut juga menimbulkan prasangka dan rasa saling curiga yang berujung pada caci maki, baik antara individu maupun kelompok tertentu. Tak ingin kondisi tersebut memberi efek negatif pada psikologis masyarakat, Amir Roez featuring Ocka memberi pesan perdamaian melalui lagu terbaru berjudul Seperti Waktu, dirilis pada Rabu, 7 Juli 2021 di kanal YouTube Sembilan Production Official.

Amir Roez saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Rabu (7/7/2021) mengatakan, “Salah satu cara untuk menyerukan perdamaian adalah melalui kesenian yang tak jemu-jemu untuk mengajak saling memahami perbedaan dan menerima kenyataan bahwa kita tengah bernasib sama saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Satu andil seniman adalah dengan karya seninya. Lagu Seperti Waktu saya tulis dan nyanyikan bareng Ocka, putri kandung saya, Sarjana Filsafat dari Universitas Indonesia. Lagu tersebut sudah tersedia di berbagai platform musik digital sejak 26 Juni 2021.”

“Proses kreatif penggarapan lagu Seperti Waktu dengan membuat melodi lagunya terlebih dahulu, sebelum liriknya ditulis. Setelah melalui revisi lirik beberapa kali, baru kami merasa rasa pas antara pesan lagu dengan musiknya,” kata Amir Roez.

Mendengar nama Amir Roez tentu sudah tidak asing lagi bagi para pecinta musik. Penyanyi Rock dari era 80-an tersebut pernah jadi Juri Karaoke World Championship (KWC) 2020, dan Juri FLS2N Solo Vokal SMA Tingkat Nasional 2013 – 2017. Amir Roez juga pernah jadi pengisi soundtrack beberapa film layar lebar, seperti; Macan Kampus, Catatan si Boy 2, Kristal-Kristal Cinta, dan lainnya. Lagu Goyang Dunia yang dirilis Amir Roez masuk dalam 13 Tembang Unggulan 1990 yang dikompilasi oleh label musik Team. 

Serangkaian karya lagu lainnya yang pernah dirilis Amir Roez turut jadi sejarah tersendiri bagi perkembangan musik di Tanah Air.

Saat ini Amir Roez dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Divisi Program di Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Provinsi DKI Jakarta, dan juga jadi Staff Ahli Vocal di Gladiresik Music Lab. Amir Roez, serta aktif melahirkan karya-karya lagu terbaru di project pribadinya melalui label musik yang ia dirikan, Sembilan Production. Mantan vokalis Elpamas tersebut baru saja membentuk grup band CRID bersama Toto Tewel (Elpamas) dan Mando (eks GrassRock). 

Pada kesempatan yang sama, Ocka mengatakan lagu Seperti Waktu terinspirasi dari musik Falling in Between dari Toto, sedangkan liriknya ter-inflame dari lagu As yang dinyanyikan Stevie Wonder.

“Lagu Seperti Waktu ditulis karena melihat banyaknya isu perbedaan yang disampaikan dengan intensi kebencian, hingga memupuk ‘pendidikan kebencian’, mulai dari kelompok-kelompok terkecil, seperti keluarga. Ketidakadilan dan kejahatan yang dilakukan oleh ‘oknum’ digeneralisir untuk membenci sebuah ras, suku, maupun agama. Hal ini sangat mengkhawatirkan, dimana kita hidup di negara yang masyarakatnya sangat beragam. Hingga muncul banyak pertanyaan ‘Mengapa Kau biarkan mereka saling mencaci memaki?’ Adalah sebuah pertanyaan reflektif kepada diri sendiri,” kata Ocka.

Ocka juga mengatakan, “Oleh karena itu, lagu Seperti Waktu kami tulis untuk mengajak kita semua untuk tidak saling membenci. ‘Hingga hanyalah cinta yang tersisa’ adalah penggalan liriknya yang menyuarakan sebuah tujuan atau misi kedamaian di seluruh penjuru. Walau terdengar sangat utopis namun setidaknya mampu menggerakkan sebagian kecil dari kelompok manusia.”

Seperti dijelaskan Ocka, Seperti Waktu dijadikan sebagai judul lagu tersebut berfilosofi pada waktu, karena waktu mutlak berjalan maju, tidak pernah off-tempo, tidak pula bisa mundur. Waktu yang selalu ikhlas berjalan dan ‘mengerti kapan ia harus berganti’ adalah yang ia pahami sebagai pesan untuk memupuk kedamaian secara sadar dan ikhlas di setiap hati manusia.

Selanjutnya Amir Roez mengatakan, “Lagu Seperti Waktu bergenre musik rock dengan sedikit sentuhan progresif, agar pesan lagunya bisa lebih tersampaikan dengan balutan musik genre tersebut. SemangArt-nya lebih terasa. Sudah menjadi darah daging saya di genre rock, juga saya dedikasikan hidup untuk musik rock, khususnya.”

“Saya Aamiin kan dulu ini, semoga lagu Seperti Waktu bisa mendunia, aamiin. Release dengan versi English-nya bisa aja dan selalu relevan di masa apapun sebetulnya,” kata Amir Roez.
Videoklip lagu Seperti Waktu dari Amir Roez feat. Ocka ada di link berikut ini: 
https://youtu.be/R2GXWyl3q28
(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)
Share:
Komentar


Berita Terkini