Bupati Batu Bara Sampaikan LKPD APBD 2020

Editor: metrokampung.com
Bupati Ir.H.Zahir, MAP saat sampaikan LKPD APBD tahun 2020.

Batu Bara, Metrokampung.com
Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Batu Bara dengan agenda penandatanganan berita acara persetujuan bersama Kepala Daerah Dan DPRD Kabupaten Batu Bara Tentang (RANPERDA) Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Anggaran Penadapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Batu Bara Tahun Anggaran 2020. Ruang Paripurna DPRD. Senin (05/07/2021). 

Dari hasil seluruh laporan Fraksi, mendapatkan kesimpulan : Keseluruhan  fraksi partai menerima Laporan Keuangan Daerah dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah 

Sambutan Bupati Batu Bara : Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah berupaya menyusun laporan keuangan berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku, sehingga tujuan laporan keuangan pemerintah daerah  yang berguna untuk pengambilan keputusan, serta menunjukkan akuntabilitas manajerial yang transparan.

Selain Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Batu Bara Tahun Anggaran 2020, yang disampaikan kepada DPRD Kabupaten Batu Bara adalah Laporan keuangan yang telah diperiksa (di audit) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Dan Diberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  Pemberian Opini tersebut berdasarkan atas hal-hal berikut:

1. Tidak terjadi kekurangan dana kas di bendahara pengeluaran SKPD. 

2. Penerbitan SP2D Tidak melewati tahun anggaran (OUT STANDING)

3.Penyajian angka laporan keuangan dapat dipertanggungjawabkan.

4.Penataan persediaan sudah memadai.

5.Keinginan untuk memperbaiki laporan keuangan semakin tinggi.

Penyajian LKPD untuk tahun berikutnya kiranya dapat disajikan secara wajar, sekaligus memperkokoh terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik, maka langkah yang menjadi prioritas utama dan mendesak yang harus ditempuh Pemerintah Kabupaten Batu Bara Adalah :

1. Membangun sistem pengendalian intern yang baik di setiap OPD, Meningkatkan Jumlah Dan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki latar belakang pendidikan dan pelatihan di bidang keuangan bagi petugas yang terkait dengan pengelolaan keuangan daerah. 

2. Menempatkan tenaga profesional  meningkatkan peran dan fungsi pada inspektorat.

" Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Batu Bara yang tetap memantau dan memberikan masukan tentang kinerja Pemerintah Kabupaten Batu Bara. Tentunya kami akan berusaha bekerja lebih baik untuk masyarakat Kabupaten Batu Bara". Tutup Bupati Batu Bara Zahir.(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini