Giat Haroan Bolon secara massal di Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Masyarakat di empat nagori yaitu Nagori Dolok Tenera, Nagori Dolok Ilir 1, Nagori Bahung Huluan dan Nagori Bahung Kahean Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun,Sumut, melaksanakan kegiatan haroan bolon (gotong royong) secara massal, Minggu (11/7/2021).

Sasaran kegiatan haroan bolon yang dilakukan masyarakat ke empat nagori tersebut dalam rangka memperbaiki kerusakan jalan di wilayah masing-masing dengan cara nenutup lubang-lubang dibadan jalan dengan material batu padas dan membersihkan beram jalan. 

Selain masyarakat, giat haroan itu juga diikuti oleh aparatur kecamatan dan nagori masing-masing serta tokoh masyarakat dan juga anggota Polsek Sebelawan serta anggota Koramil 05 Serbelawan. Secara langsung kegiatan haroan bolon itu di koordinir oleh Camat Dolok Batu Nanggar bersama Kapolsek Sebelawan, Danramil 05 Sebelawan dan Kapustu Sebelawan.



Camat Dolok Batu Nanggar Susilo SH mengatakan bahwa kegiatan haroan bolon secara massal yang dilaksanakan oleh empat nagori tersebut sebagai bentuk dukungan program gerakan haroan bolon membangun Simalungun yang telah digagasi oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH. 

"Masyarakat Kecamatan Dolok Batu Nanggar menyambut baik program gerakan Haroan Balon membangun Simalungun yang diinisiasi oleh Bupati Simalungun Bapak Hasiholan Sinaga SH, dan kegiatan haroan bolon secara massal ini sebagai bentuk dukungan terhadap program tersebut, "kata Susilo. 

Dalam kegiatan haroan bolon, Susilo menjelaskan bahwa,  segala keperluan dan kebutuhan termasuk material yang digunakan berasal dari swadaya masyarakat.  "Seperti batu padas untuk menutup lubang-lubang di badan jalan sebanyak 60 truk,  semua bersumber dari swadaya masyarakat,"jelas Susilo. 

Menurut Susilo,  selain untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong ditengah-tengah masyarakat,  program haroan bolon ini sangat positif untuk menumbuhkan rasa kebersamaan,  persatuan dan kesatuan dalam rangka memajukan nagori/desa masing-masing dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Ditempat lain,  Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH melalui Kadis Kominfo Wasin Sinaga SPd MH menyampaikan apresiasi kepada masyarakat keempat nagori di Kecamatan Dolok Batu Nanggar yang telah melaksanakan haroan bolon memperbaiki kerusakan jalan di wilayahnya masing-masing.

"Kita berharap program gerakan haroan bolon membangun Simalungun terus berjalan di bumi Habonaron do Bona untuk memajukan daerah demi kesejahteraan masyarakat,"ujarnya. 

Disisi lain,  Wasin berharap kepada para Camat agar tetap menghimbau masyarakat menjalan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari meakipun melaksanakan gotong royong.(sugianto/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini