Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah Diresmikan Bupati Deli Serdang

Editor: metrokampung.com
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan meresmikan Masjid Agung Sultan Thaf Sinar.

Lb Pakam, metrokampung.com
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan meresmikan Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah dihadiri Sultan Serdang  T Achmad Tala’a bersama T Mira Sinar di halaman Masjid Agung Thaf Sinar Basarsyah, Komplek Perkantoran Pemkab Deli Serdang , Jumat (2/7/21) .
  
Pada kesempatan itu, bupati juga mengukuhkan Badan Pengelola Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah periode 2020-2023 yang terdiri dari Ketua Khairum Rizal, Wakil Ketua Agus Muliono, Khairul Anwar, Herry Lubis, Sekretaris dan Wakil Sekretaris,  Surya Putra, Edi Sundowo, Bendahara, Syarifuddin Lubis serta berbagai bidang lainnya.
 
Menurut Ashari, masjid bukan hanya berperan sebagai tempat beribadah semata, melainkan juga sebagai tempat pusat kegiatan umat Islam yang akan memancarkan cahaya Islam sekaligus menyebarkan nilai-nilai persatuan, kasih sayang antar sesama dan kerukunan umat yang merupakan nilai – nilai ajaran Islam.
 
"Kita berharap masjid ini akan menjadi pusat kegiatan umat di dalam mempererat ukhuwah islamiyah yang bersama-sama memakmurkannya. Kemudian menjadikan masjid ini juga sebagai tempat pusat pembelajaran kajian ilmu Islam serta tempat wisata religi," kata Ashari.

Dijelaskan Ashari Tambunan, Masjid Agung ini dinamakan dengan nama salah seorang Sultan Serdang yaitu Sultan Thaf Sinar Basarsyah. Beliau adalah Sultan Serdang ketiga dalam tahta Mahkota Kesultanan Serdang masa pemerintahan 1817-1850 M Sultan Thaf Sinar Basarsyah seorang yang berpegang teguh pada adat melayu dan berlandaskan Islam. Sikapnya yang lemah lembut, sopan, adil dan warak (alim), membuat banyak orang pedalaman ikut masuk  elayu (Islam). 
 
"Dimasa pemerintahan beliau, Negeri Serdang mengalami kemajuan dan dikenal sampai ke luar negeri. Tuanku Thaf Sinar Basarsyah juga banyak mendirikan masjid-masjid dan beberapa madrasah. Jasa-jasa beliau inilah yang perlu kita ingat dan kita  teladani. Alangkah mulia dan beruntungnya beliau. Keberuntungan yang saya maksudkan adalah hari ini kita mengenang jasa-jasa baik beliau, mengenang semua amal baik yang dilakukannya dan Insya Allah kita jadikan teladan. Beliau dikenang karena semua jasa baiknya pada negeri Serdang,” paparnya.
 
Bupati menjabarkan pada ornamen-ornamen Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah sangat khas dengan kebudayaan melayu. Salah satunya dilihat dari atapnya berbentuk payung yang sering dipakai saat upacara adat melayu. Artinya menaungi semua golongan. Tentu diartikan sebagai simbol tempat ibadah yang menaungi seluruh umat muslim. Masjid ini menjadi simbol keislaman yang ramah, moderat, dan menjadi pilar keberagaman Kabupaten Deli Serdang pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya.
 
Sultan Serdang, Tengku Achmad Tala’a Syariful Alamsyah dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa bangga dan apresiasi serta terimakasih kepada Pemkab Deli Serdang khususnya Bupati Deli Serdang yang telah mewujudkan keinginan masyarakat Deli Serdang untuk memiliki Masjid Agung.

 “Ini merupakan ikon baru Kabupaten Deli Serdang yang sudah terkenal sampai ke Jakarta sekaligus dijadikan destinasi wisata religi. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik. Ini karena kegigihan Bapak Bupati  Ashari Tambunan. Kiranya ini menjadi ladang amal ibadah bagi Pak Bupati,” tutur Tengku Achmad Tala’a.
 
Tengku Achmad Tala’a mengatakan bahwa Tengku Thaf Sinar Basarsyah tidak hanya milik masyarakat adat Kesultanan Serdang, tapi milik umat Islam di Deli Serdang karena di zamanya didirikan masjid pertama di Kabupaten Deli Serdang dan masjid itu bisa dilihat di Desa Serdang, Kecamatan Beringin.
 
Ketua Panitia Pembangunan Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah, Khairum Rizal dalam laporannya menjelaskan, diakhir Tahun 1985, ditempat ini berdiri Masjid Al ikhlas yang dibangun oleh Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila dan diresmikan pada tanggal 26 Maret 1986 oleh Gubernur Sumatera Utara Alm. Letjend TNI (Purn) H Kaharuddin Nasution.
 
Bangunan Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah berada di atas lahan seluas 16.307 M2 (1,6 Ha) dan bangunan masjid seluas 5.864 M2 yang dapat menampung kurang lebih 1.600 jamaah.
 
Peresmian Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah tersebut ditandai penandatanganan prasasti oleh Bupati H Ashari Tambunan. Acara ini juga dihadiri Ketua TP PKK Deli Serdang  Yunita Ashari Tambunan, Dandim 0204/DS Letkol Kav. Jackie Yudhantara, Kajari Jabal Nur, Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam  M Kasim MM, anggota DPRD Deli Serdang Rakhmadsyah, Sekdakab Darwin Zein bersama staf ahli, asisten, para kepala OPD,  mewakili Forkopimda Deli Serdang, Ketua MUI H Arifin Marpaung, tokoh adat, tokoh agama, tokoh.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini