Plt Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib Hadiri dan Buka Musyawarah BKUK 2021

Editor: metrokampung.com
Plt Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib Hadiri dan Buka Musyawarah BKUK 2021

Tanjungbalai, metrokampung.com
Plt Wali Kota Tanjungbalai mengucapkan selamat menjalakan musyawarah, semoga pelaksanaannya berjalan lancar dan aman. Sesuai dengan tema "Bagiku bekerja memberi buah", saya berharap keberadaan umat kristen di Kota Tanjungbalai dapat membawa kebaikan dan keberkahan, sebutnya.

"Saya berharap BKUK yang menaungi umat kristen dapat memberi contoh dan melahirkan program yang tidak lagi biasa biasa saja, tapi harus yang luar biasa. Mengingat terbentuknya BKUK di Kota Tanjungbalai sudah 22 tahun, untuk itu saya yakin kedepan BKUK bisa memberi harapan baru bagi terciptanya kerukunan umat beragama di Kota Tanjungbalai," harapnya.



Kita semua bersaudara, untuk itu mari bersama sama merubah Tanjungbalai menjadi Kota yang lebih baik, indah, sejahtera dengan kemandirian. Kita ketahui dengan kondisi APBD yang terbatas saat ini Pemkot Tanjungbalai belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan sepenuhnya, setiap elemen masyarakat dan organisasi salah satunya BKUK harus mandiri melaksanakan program kerjanya apalagi mayoritas umat kristen terdiri dari etnis suku batak yang saya tau orang batak itu pekerja keras, ulet dan mandiri. Saya yakin siapapun pengurus BKUK yang terpilih nanti pasti lebih mandiri dan memiliki program yang lebih kreatif dan luar biasa, tegasnya.

Sementara itu mewakili DPRD Tanjungbalai, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Eriston Sihaloho mengatakan dengan keberadaan saat ini ada 46 Gereja di Kota Tanjungbalai, kami (DPRD Tanjungbalai) akan selalu mendukung dan siap membantu program BKUK maupun organisasi lainnya demi kerukunan umat beragama. 

Sama seperti yang disampaikan sebelumnya, saya berharap kedepan Pengurus BKUK yang terpilih untuk periode 2020 -2025 dapat membawa organisasi ini jauh lebih baik.  Kami dari DPRD Tanjungbalai sangat mendukung terbentuknya badan atau struktur yang mewadai umat kristen di Kemenag. BKUK dapat lebih berperan ditengah tengah masyarakat kedepannya, ucapnya.

Kepala Kantor Kemenag Tanjungbalai, Al Ahyu mengatakan BKUK kedepan harus mampu menjaga kerukunan intern umat beragama oleh masing-masing umat beragama termasuk umat agama Kristen maupun maupun eksternal umat beragama.

Al Ahyu menambahkan, setelah menjaga hubungan internal umat beragama, peran organisasi keagamaan selanjutnya adalah menjaga hubungan eksternal umat beragama. Kendati kondisi sosial antarumat beragama di Kota Tanjungbalai terlihat kondusif namun Al Ahyu berharap hal ini tidak membuat umat beragama menjadi merasa aman, terutama para tokoh agama, harus tetap waspada dan terus menjaga kerukunan dengan berbagai kegiatan/inovasinya.

“Tanamkan ajaran agama kita kepada umat kita dengan baik, jika mereka paham ajaran agama dengan baik maka tidak akan kekacauan yang terjadi. Penanaman nilai-nilai agama dimulai dari dalam agama. Dalam konteks mewujudkan cita-cita Indonesia Rukun dimulai dari keluarga yang damai dan rukun dimana saat ini Kemenag giat dalam programnya Moderasi agama, “ Urai Al Ahyu.
“Demikian pula dengan moderasi beragama, gerakan ini perlu diwujudkan. Disini saya menitip pesan keapda pendeta dan pimpinan gereja untuk bersama-sama membangun dan menjaga kedamaian tersebut kepada para jamaah,” ujarnya.

Ketua BKUK Tanjungbalai ,Walman Riadi P Girsang menyampaikan selama perjalanan BKUK yang sudah mencapai 22 tahun semoga pengurus baru terpilih akan jauh lebih baik membawa organisasi ini kearah yang lebih baik dengan berbagai program dan inovasinya. Dan kami mohon pelaksanaan Musyawarah yang seharusnya pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19 baru dapat dilaksanakan hari ini.

Diakhir acara pembukaan Ketua BKUK Tanjungbalai beserta pengurus serta para pendeta dan pastor mangulosi Plt Wali Kota H.Waris Thalib.

Terpilih sebagai Ketua BKUK Kota Tanjungbalai periode 2020-2025 adalah Eriston Sihaloho, Seketaris Robinhot Silaen dan Bendahara Dinaria Tarigan.(ES/Mk)
Tanjungbalai, 13/8/2021
Penulis: Eben Silaban
Teks Foto: 
Plt Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib Menghadiri dan Membuka Secara Resmi Pelaksanaan Musyawarah V Badan Kerjasama Umat Kristiani (BKUK) Kota Tanjungbalai di Sopo Katolik Gian Franco Cruder, SX Jalan Jamin Ginting/Arteri, Tanjungbalai,  Jumat (13/8/2021). (Foto Mk/dok)
Share:
Komentar


Berita Terkini