Bupati Karo Sematkan Uis Beka Buluh Kepada Pimpinan ZBNF Mr Rajshekar

Editor: metrokampung.com
Bupati Karo Terkelin Brahmana SH Berikan Cendramata Uis Bekah Buluh yang disematkan kepada Pimpinan Program ZBNF, Mr. Rajshekar.

KARO-METROKAMPUNG.COM
Kegiatan pelatihan ZBNF (Zero Budget Natural Farming) hasil kerjasama  Kemenkomaritim dengan Pemerintah Negara Bagian Andhra Pradesh India yang dilaksanakan selama enam hari terhitung 18 - 25 Maret 2019 saat ini sedang berlangsung.

Kerjasama antar negara dalam bidang pertanian dengan program menjauhkan para petani dari penggunaan bahan-bahan kimia dalam kegiatan agrikultur. Mengadopsi pendekatan agrocology, ZBNF menghindarkan petani dari beban biaya tinggi akibat penggunaan bahan kimia, sekaligus meningkatkan kesehatan petani dan lingkungan.
Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH melalui pesan WA (WhatsApp), Rabu (20/3)  menyebutkan , kedatangan  rombongan dari Indonesia langsung disambut pimpinan program ZBNF Mr Rajshekar Designation  Principal Secretary, Govt of AP yang dilanjutkan dengan jamuan makan siang serta acara ramah tamah.

Dalam kesempatan acara penyambutan dan makan siang itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kadis Pertanian, Sarjana Purba   memberikan cinderamata Simbol Pakaian Adat Karo berupa Uis Bekah Buluh yang disematkan kepada pimpinan program ZBNF, Mr. Rajshekar.

Saat penyematan Uis Beka Buluh  dilakukan, Terkelin menghaturkan ucapan  terimakasih atas penyambutan yang dilakukan pemerintah India, khususnya Pemkab Karo sebagai delegasi untuk mengikuti program ZBNF ini. Ucapnya didampingi penterjemah bahasa (Translator).

Hanya ini dari kami Pemerintah Kabupaten Karo cinderamata yang dapat kami berikan, sebab Uis Bekah Buluh merupakan simbol wibawa dan tanda kebesaran untuk Putra Karo. Oleh karena itu, beka buluh memiliki makna yang mendalam di dalam kehidupan budidaya Karo,ini saya jelaskan agar pemerintah India tahu sedikit sejarah dan makna singkat arti makna beka buluh. Terang Terkelin.
Sementara pimpinan program ZBNF Mr Rajshekar Designation  Principal secretary, Govt of AP menyampaikan dengan senang hati kedatangan Bupati Karo bersama rombongan sebagai delegasi mengikuti program ZBNF.

Khusus untuk Bupati Karo Mr. Terkelin dengan logat  bahasa India yang diucapkan dan sudah  ditranslate artinya ke bahasa indonesia, mengatakan terimakasih setinggi tingginya kepada Pemkab Karo, karena memberikan suatu penghormatan berupa kain yang terkenal dalam suku budaya Karo, ini adalah kenangan yang patut kami ingat nantinya, tuturnya.

Biarlah selanjutnya kedepan bagi kami pemerintah India akan terus menggalang kerjasama dengan pemerintah kab. Karo, mungkin di suatu hari kami juga akan datang ke. Kab. Karo untuk menjajaki dalam bidang pertanian lainnya. Ungkapnya (amr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini