SUMUT

NASIONAL

Polres Batubara Amankan 338 Ekor Satwa Dilindungi

Senin, 17 Juni 2019 | 21.18 WIB
Kali Dibaca |

Kasat Reskrim Polres Batubara AKP Pandu Winata menunjukkan satwa laut Belangkas yang disita dari gudang milik Khairul Muslim.

Batubara - Metrokampung.com
Polres Batubara berhasil mengamankan 338 ekor  satwa laut  jenis belangkas yang dilindungi dari sebuah gudang di Dusun Kedaisianam Desa Guntung Kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batubara.

Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang, SH. M. Hum melalui Kasat Reskrim AKP Pandu Winata mengungkapkan hal itu pada press releasenya di Polres Batubara, Senin (17/06).

Didampingi KBO Sat Reskrim Iptu R. Siallagan, Kanit Tipiter Ipda BD Sitorus dan perwakilan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam ( BBKSDA) Sumut 3 Kisaran Arif Hidayat, Pandu menjelaskan satwa laut belangkas diamankan dari gudang milik Khairul Muslim (42) pada Sabtu (14/06) sekitar pukul 22.15 WIB.

Dikatakan satwa laut belangkas yang dilindungi diperoleh tersangka Khairul Muslim dari laut dan pantai. Tersangka kemudian mengumpulkannya di gudang miliknya sebelum diantar untuk dijual kepada pembeli dari luar Kabupaten Batubara.

Namun ditambahkan Pandu, saat penggeledahan tersangka Khairul Muslim tidak berada ditempat. Tim penyidik hanya menemukan saksi Trisuci HS (29) yang merupakan istri tersangka. Sebanyak 338 ekor belangkas yang ditemukan ternyata sebanyak 142 ekor sudah mati sedangkan 196 ekor belangkas masih hidup dan ditempatkan disebuah alat pendingin.

Ketika dipertanyakan ijin penangkapan dan penangkaran satwa laut jenis belangkas, Trisuci mengaku tidak memilikinya.

Guna pengusutan lebih lanjut ke 338 ekor satwa laut jenis belangkas yang dilindungi diboyong ke Mapolres Batubara. Sedang tersangka Khairul Muslim terus diburu guna mengungkap jaringan peredaran gelap satwa yang dilindungi.

Kepada tersangka yang masih melarikan diri dikenakan Pasal 21 ayat (2)  UU No 5 Tahun 1990 tentang KSDA dan ekositem dengan ancaman pidana 5 tahun dan sanksi  denda sebesar Rp. 100 Juta.

Usai press release, Kasat Reskrim bersama Kanit Tipiter dan perwakilan BBKSDA melakukan pelepasan 196 ekor belangkas yang masih hidup ke pantai Tanjung Tiram. Sedangkan 142 ekor belangkas yang sudah mati langsung dimusnahkan. (ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru