SUMUT

NASIONAL

Polres Langkat Gelar Apel Konsolidasi, Ops. Ketupat Toba dan Persiapan PAM PHPU

Jumat, 14 Juni 2019 | 16.34 WIB
Kali Dibaca |

Pembina Upacara : Kapolres Langkat saat menjadi pembina Upacara, didampingi Danyon mariner 08 Tangkahan Lagan.

Langkat- metro kampung. com
Polres Langkat gelar Apel Konsolidasi Ops Terpusat Ketupat Toba 2019 serta Persiapan PAM PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum), di Lapangan Jananuraga,  Mapolres Langkat,  Kamis (13/6). Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan SIK bertindak selaku Pembina Upacara, didampingi Danyon Marinir 08 Tangkahan Lagan Letkol Mar. Danang Ari Setyaun, M,Tr Hanla.

Kegiatan itu bertujuan untuk mengecek, menganalisa dan mengevaluasi Ops Ketupat Toba-2019 dan sebagai persiapan untuk PAM Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) 2019.

Dalam arahan dan bimbingannya, Kapolres melaporkan bahwa Ops Ketupat Toba-2019 telah terjadi penurunan kasus laka lantas hingga 75 %, dimana hanya terjadi 1 kecelakaan dengan jumlah korban1 orang meninggal dunia, 1 orang luka berat dan 1 orang luka ringan serta kerugian materil Rp. 1.000.000 dengan penindakan tilang sebanyak 103 dan 275 teguran.  Padahal, tahun lalu telah terjadi 4 kecelakaan dengan jumlah korban 4 orang meninggal dunia dan 6 orang mengalami luka ringan.

Sedangkan terkait dengan pelaksanaan sidang PHPU (14 - 28 Juni 2019), maka berbagai ancaman diperkirakan akan terjadi, antara lain aksi tindak kekerasan, anarkis, terorisme dan lain- lain yang berpotensi  merusak fasilitas umum guna menggagalkan sidang PHPU yang digelar oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

“Nah, untuk itu Polres Langkat bersama dengan Instansi dan elemen masyarakat lainnya diharapkan agar dapat berperan aktif dengan menggelar monitoring, deteksi dini, giat sosilisasi, pengamanan Kantor KPU, kantor Bawaslu dan objek- objek vital lainnya,” ujarnya.

Selain itu, Kapolres pun menambahkan, Apel itu juga bertujuan untuk melihat langsung kesiapan personil, kelengkapan peralatan dan sinergitas dengan Instansi lain serta menunjukkan kesiapan kepada publik tentang PAM sidang Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) sehingga menimbulkan rasa tenang, aman dan damai di hati masyarakat. (BD/mk)

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru