Disdukcapil DS Launching Kartu Identitas Anak (KIA)

Editor: metrokampung.com

Galang, metrokampung.com
Acara yang di gelar di Aula  Kecamatan Galang. Selasa ( 6/8/2019)di hadiri Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein S.Sos dan jajaran pejabat di Kabupaten Deli Serdang, mulai dari Kepala dinas kependudukan dan catatan sipil Gustur Husin Siregar, Camat Galang Turmuzi SSTP, para Kepala Desa sekecamatan Galang, Kabag, TK, PAUD, serta Perwakilan Siswa/ Siswi SD/SMP dan para tamu undangan lainnya.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Deliserdang mulai mensosialisasikan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada warga. Sosialisasi dilakukan dalam bentuk lounching di kantor Camat Galang Selasa, (6/8).




Pada sambutannya Camat Galang mengucapkan rasa terima kasih Kepada  kepala Disdukcapil serta jajaran Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang yang telah hadir dalam kegiatan Launcing KIA dan bangga menjadi Kecamatan yang pertama sekali sebagai tempat pelaksanaan Launcing Kartu Identitas Anak (KIA) di Deli Serdang.

Saat itu ada lima orang anak yang diberi KIA karena sudah selesai pengurusannya. Yang menyerahkan ini adalah Sekda Deliserdang, Darwin Zein S.Sos didampingi Kadisdukcapil, Gustur Siregar, serta Camat Galang.

Kepala Bidang Kependudukan dan Data Disdukcapil Deliserdang, Alrasudin Kaloko mengatakan dengan dilounchingnya nya KIA ini artinya warga sudah dapat bermohon. Disebut KIA merupakan program yang telah digagas oleh Pemerintah Pusat.

" Hari ini kita lounching jadi baru lima orang anak saja yang tadi kita beri KIA. Sekarang sudah bisalah diurus,"kata Kaloko.

Pada saat lounching ini Disdukcapil Deliserdang juga mensosialisasikan bahwa saat ini pengurusan sebagian administrasi kependudukan sudah bisa dilakukan di masing-masing Kecamatan. Seperti KK dan Surat Keterangan (Suket) sudah dapat dimohonkan di Kantor Kecamatan.

" Kalau untuk KTP masih di Kantor dinas. Saat ini Blangko KTP masih habis ya Suketlah penggantinya. Akte kelahiran masih dibuat di Dinas juga tapi dikumpulnya (diserahkan) di Kecamatan nanti,"kata Kaloko.

Dalam sambutannya, Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein S.Sos menjelaskan bahwa Program pemerintah di bidang tertib administrasi kependudukan sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang “ Untuk mewujudkan Kabupaten yang Maju , Sejahterah, dengan Masyarakatnya Religius dan Rukun dalam Kebhinekaan”.

Sekdakab Deli Serdang juga mengharapkan, agar biodata kependudukan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh OPD dan lembaga pengguna yang ada di Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang dalam pemanfaatan data kependudukan.”Saya juga mengingatkan, semua harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dimana salah satu syaratnya adalah harus mendapatkan izin dari kepala daerah”. Maka melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi, kesamaan persepsi dan meningkatkan koordinasi antara OPD dan lembaga pengguna dengan DISDUKCAPIL Kabupaten Deli Serdang sebagai penyedia data ,”tegas Darwin Zein.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini