Bupati Dairi : Lapangan Kerja Dan Peningkatan Ekonomi Jadi Salah Satu Fokus Orientasi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Dairi

Rabu, 11 September 2019 | 16.49 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Hal itu dinyatakan oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu saat memimpin rapat kerja bersama dengan para Camat di 5 Kecamatan pada Selasa (11/9/2019) di Kantor Kecamatan Sitinjo. Rapat kerja tersebut turut di hadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Ramlan Sitohang, Kepala BPBD Kabupaten Dairi Bahagia Ginting, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi Drs. Hutur Siregar, Camat Sitinjo, Camat Pegagan Hilir, Camat Parbuluan, Camat Sumbul, Camat Sidikalang serta para Kepala Desa.

Dalam arahannya, Bupati Dairi menyampaikan bahwa para Camat dalam menjalankan tugas pemerintahan dalam wilayahnya mendapatkan otoritas untuk menyusun program kerja dan anggaran yang juga melingkupi wilayah desa. Beliau katakan yang menjadi fokus dan orientasi dalam pembangunan adalah lapangan pekerjaan dan peningkatan perekonomian di masing-masing daerah.




“Penciptaan lapangan pekerjaan harus kita pikirkan, dana desa yang dimiliki oleh setiap desa agar dipergunaka dengan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan dan ekonomi masyarakat di desa,” ujar Beliau.

Fokus yang lainnya di katakan Beliau adalah mengubah pola pikir (mindset) masyarakat dari mindset meminta atau menunggu menjadi mindset yang berinisiatif dan berkreasi.

“Mau tidak mau teknologi akan masuk ke dalam lingkungan kita. Ke depan kita akan mengikuti arus smart ASN yang seluruh aktivitas pemerintahan akan menggunakan online,” kata Beliau.

Untuk itu, kolaborasi antara pimpinan di tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga ke Desa harus saling bersinergi sehingga segala program yang sudah terencana dapat terlaksana dengan baik. Beliau menuturkan para Camat dan Kepala Desa agar kembali berpedoman dari hasil Musrenbang desa yang telah dilaksanakan dan pilih hal yang paling prioritas yang sesuai dengan visi dan misi pembangunan pemerintah kabupaten dairi.

Selanjutnya adalah peningkatan pelayanan pubik oleh dinas terkait, misalnya peningkatan kualitas pendidikan di desa seperti penyelesaian masalah sarana dan prasarana pendidikan, ketersediaan guru di sekolah dengan menyampaikan kepada dinas pendidikan kabupaten dairi untuk segera di carikan solusi atas masalah tersebut.

“Ego sektoral antar OPD harus disingkirkan baik secara vertikal maupun horizontal. Mari kita wujudkan Dairi Unggul yang bukan hanya sebagai angan-angan saja namun terwujud menjadi kenyataan. Yang baik kita buat menjadi lebih baik agar lebih unggul dengan cara bekerja sama secara kompak,” pungkas Beliau dalam arahannya.

Bupati Dairi Bertemu Dengan Kepala Desa Kecamatan Gunung Sitember
Pada hari yang sama, Bupati Dairi di sela-sela kunjungannya di Kecamatan Gunung Sitember mengadakan pertemuan dengan para Kepala Desa se-Kecamatan Gunung Sitember. Pertemuan tersebut dihadiri oleh  Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Ramlan Sitohang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Drs. Hutur Siregar serta Camat Gunung Sitember.

Bupati Dairi dalam arahannya mengatakan saat ini pembangunan sedang gencar-gencarnya dilakukan di desa sehingga jika kita ingin mensejahterakan masyarakat Kabupaten Dairi maka mari kita sejahterakan masyarakat yang ada di desa. Untuk itu di masa pemerintahan kabupaten Dairi saat ini, seluruh ASN bekerja dan melayani masyarakat dengan prinsip marhobas.

“Kalau kita sudah menjadi aparatur sipil negara, kita harus membangkitkan diri kita untuk memperhatikan kepentingan masyarakat berdasarkan tugas dan fungsi masing-masing aparatur,” ujar Beliau.

Untuk tahun 2020 Beliau katakan perencanaan pembangunan di Kabupaten Dairi akan jauh lebih cepat dan hal itu tergantung peran dari para aparatur yang ada di desa dan di kecamatan. Oleh karena itu, kerjasama yang baik antara desa dengan kecamatan dan kabupaten sangat di perlukan sehingga pembangunan tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Dairi mendengarkan beberapa saran dan masukan dari para Kepala Desa saat melakukan dialog dengan para Kepala Desa.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru

 
©Copyright 2017 - All Rights Reserved