SUMUT

NASIONAL

Universitas Labuhanbatu Komitmen Turut Serta Membangun SDM Berkualitas

Minggu, 29 September 2019 | 23.58 WIB
Kali Dibaca |

Bapak Dahrul Aman Harahap selaku Wakil Rektor I ULB (tengah baju putih) berfoto bersama setelah selesai kegiatan seminar di Desa Pematang Seleng.

Rantauprapat, Metrokampung.com
Universitas Labuhanbatu berkomitmen turut serta membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Hal tersebut, dibuktikan dengan mahasiswa dan mahasiswi kuliah kerja nyata (KKN) program pembelajaran masyarakat (PPM) melaksanakan program kerja di Desa Pematang Seleng, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu.

Kegiatan "Seminar Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 dengan Bekal Pendidikan di Perguruan Tinggi" di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) 1 dan 2 itu, digelar pada hari Jumat, 27 September 2019 di Aula Kantor Kepala Desa Pematang Seleng setempat.

Dalam seminar ini pihak ULB juga menghadirkan pemateri, Bapak Dahrul Aman Harahap, S.Pt, M.M., M.Pd. selaku Wakil Rektor I ULB, Ibu Elida Florentina Sinaga Simanjorang, S.Sos., MSP selaku DPL 1 sekligus Dewan Pendidikan Labuhanbatu, dan Bapak Agus Anjar, S.Sos., M.Si selaku DPL 2 sekaligus peneliti pendidikan.

Seminar tersebut, dihadiri oleh Kepala desa Pematang Seleng Bapak Sumirin beserta jajarannya, anggota DPRD Labuhanbatu terpilih 2019-2024 Bapak Rudi IR Saragih, S.P, M.Si, Ketua Karang Taruna desa Pemsel Bapak Sutikno, dan pemuda/i yang tergabung dalam kelompok Karang Taruna Pemsel, serta adik-adik siswa/i kelas XII SMAN 2 Bilahhulu.

Kades Pematang Seleng Surimin dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih atas penyelenggaraan seminar ini yang merupakan jawaban atas keinginan pemdes untuk memajukan SDM masyarakat Pemsel.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Karang Taruna yang mengharapkan seminar ini akan membuka wacana berfikir pemuda/i untuk mau kuliah sekaligus mengungkapkan menginginkan agar ada kerjasama lebih lanjut dengan perguruan tinggi sebagai tindak lanjut seminar ini.

Sementara, Anggota DPRD Kab. Labuhanbatu yang hadir, Bapak Rudi IR Saragih mengapresiasi seminar ini sebagai bagian dari pelaksanaan KKN yang konsepnya berbeda dari masa dahulu beliau KKN di bangku kuliah. Sebagai wakil rakyat, beliau berjanji akan terus mendukung peningkatan SDM masyarakat Bilah Hulu.

Dalam seminar ini, membahas ilmu pengetahuan tentang sejarah kehadiran Revolusi Industri 1.0 hingga 4.0 berikut pengaruh positif dan negatifnya bagi generasi muda oleh Bapak Agus Anjar.

Selanjutnya, paparan untuk menjawab pertanyaan "Kenapa Harus Kuliah?" yang terutama dikaitkan dengan tantangan era Revolusi Industri 4.0, disajikan oleh Ibu Elida Simanjorang.

Terakhir, paparan tentang peran perguruan tinggi dalam mempersiapkan generasi muda untuk siap menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 yang disajikan secara komprehensip oleh Bapak Dahrul Aman Harahap.

Di bagian terakhir, dibuka sesi pertanyaan yang dibagi dalam 2 termin untuk memuaskan keingintahuan 65 peserta seminar yang hadir saat itu.

Pada akhir seminar ditetapkan komitmen dari pihak Universitas Labuhanbatu melalui Bapak Dahrul Aman Harahap selaku Wakil Rektor I ULB untuk membuka kelas khusus di Pematang Seleng setiap Jumat dan Sabtu yang pelaksanaannya tidak bertentangan surat edaran Kemenristekdikti.

Komitmen ini merupakan bukti nyata keberpihakan Kampus ULB terhadap upaya meningkatkan SDM masyarakat Kabupaten Labuhan Batu melalui pendidikan tinggi.

Komitmen ini juga sekaligus menjadi output dari pelaksanaan seminar ini yang adalah salah satu program kerja Kelompok 12 KKN PPM ULB di desa Pematang Seleng.

Selanjutnya, kelompok 12 juga akan mengadakan kegiatan "Sosialisasi Memutus Mata Rantai Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak" yang merupakan respon positip mahasiswa/i KKN terhadap ditetapkannya Desa Pematang Seleng sebagai salah satu pilot project Desa Layak Anak di Kabupaten Labuhanbatu. (AL/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru