Deliserdang Terima Penghargaan Kesiapsiagaan Bencana Daerah

Editor: metrokampung.com

Pamela, metrokampung.com
Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar  menerima penghargaa atas partisipasinya dalam rangka pengurangan resiko bencana bersama 17 Kab /Kota  lainnya di Sumatera Utara , pada acara Jambore Daerah Kesiapsiagaan Bencana Daerah tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) tahun 2019 di Kebun Gunung Pamela PTPN III Kecamatan Sipispis, Rabu (23/10/2019). oleh  Gubernur Sumatera Utara  Edy Rahmayadi, yang dihadiri para Kepala Daerah se-Sumut, Kepala OPD, BPBD se-Sumut serta undangan lainnya.

Gubernur Edy Rahmayadi menyampaikan bahwa dalam mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi, Gubsu mengajak seluruh yang hadir agar selalu menjaga alam.

 "Agar alam tidak marah dengan kita, maka kita semua harus saling mengingatkan untuk selalu menjaga alam dengan cara  bersatu padu mencegah hal-hal yang dapat merusak alam," katanya.


 Menjaga alam tersebut, sambung Gubsu,  merupakan sebuah konsolidasi bersama dengan bergandeng tangan, sehingga dapat memperkecil kerugian terhadap rakyat apabila terjadi  bencana.

Gubsu menambahkan, untuk meringankan beban  masyarakat yang tertimpa bencana dapat dilakukan dengan sukarela, dengan tulus dan ikhlas,pemerintah daerah juga menyiapkan bantuan jika terjadi bencana, juga dapur umum khusus untuk bencana.

 "Hal ini demi menjaga agar kita selalu siaga kepada masyarakat," tandas Gubsu Edy Rahmayadi.

Disela-sela acara penerimaan penghargaan tersebut  Wabup HM Ali Yusuf Siregar mengungkapkan, penanggulangan bencana alam berdasarkan UU No.23 tahun 2007, terdapat tiga dimensi penyelenggaraan penanggulangan bencana di tanah air, termasuk penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Deliserdang, pertama dimensi sebelum terjadinya bencana alam yang biasa disebut siaga bencana.

 "Kemudian  dimensi bencana alam yang disebut dengan darurat bencana dan yang terakhir dimensi setelah bencana alam yang disebut dengan pasca bencana," tuturnya.

 "Untuk itulah dengan  adanya  acara Jambore Daerah Kesiapsiagaan ini  hendaknya membawa motivasi, pemahaman dan ketangguhan masyarakat khususnya dalam menghadapi bencana, "pungkas Wabup Deliserdang. (dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini