Bupati Batu Bara Berharap SB4 Beri Sumbangan Pemikiran Untuk Pembangunan

Editor: metrokampung.com
Disaksikan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP, Kapolres Batu Bara AKBP Robin Simatupang, SH. M. Hum menyerahkan tunggul panaluan kepada Ketua SB4 Jhon Frangki Hasibuan.

Batu Bara- Metrokampung.com
Bupati Batu Bara Ir.H. Zahir, MAP berharap Suku Batak Batu Bara Bersatu (SB4) dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk kemajuan pembangunan Kab. Batu Bara.

Harapan tersebut disampikan Bupati Batu Bara Zahir dalam pelantikan Suku Batak Batu Bara Bersatu (SB4) di Lapangan Indra Sakti Indra Pura Kec. Air Putih Kab. Batu Bara, Sabtu (30/11/2019).

"Hari ini kita menyaksikan suku Batak bersatu, kedepan mungkin ada Melayu, Padang atau Jawa bersatu. Itulah cerminan sila ke 3 Pancasila yakni Persatuan Indonesia", ujar Bupati.

Ditempat sama, Kapolres AKBP Robin  Simatupang, SH. M. Hum mengatakan, membicarakan Batak tidak terlepas dari asal mula suku Batak di  Sianjur Mula mula, Pusuk Buhit.

" Tersebarnya bangsa Batak di pesisir ini dahulunya berasal dari Porsea, yang berdagang di pesisir lalu melakukan asimilasi melalui proses perkawinan," kata Simatupang.

Disebutnya, suku Batak unik, orang Batak ini pamungka huta (pembuka kampung-red) dimulai dari satu orang kemudian membuka perkampungan.

"Salah satu suku yang punya aksara adalah suku Batak. Maka SB4 perlu melestarikan aksara ini, sehingga generasi selanjutnya dapat mengenalnya," harap Simatupang.

Diharapkan Kapolres, suku Batak bersatu dapat berkontribusi dalam pembangunan. "Kita mulai persatuan ini dari Batu Bara dan berharap akan diikuti di kabupaten lainnya", ajaknya.

Ditambahkan, SB4 Batu Bara dapat mengajak suku Batak lainnya didaerah lain meski berbeda agama. Jika Batak bersatu bisa menggoyang, bisa takut negara lain, karena orang Batak itu perantau, juga  pembuka wilayah.

SB4 harus bisa mejadi garda terdepan dalam pembangunan, mengawal pembangunan, berikan keleluasaan dan berikan kesempatan.

" Jangan sikit sikit diganggu sehingga terganggu konsentrasi bekerja," timpalnya.

Sebelumnya Ketua SB4 Jhon Frangki Hasibuan mengatakan tugas yang dipercayakan dikatakannya tidak ringan, tapi dia meyakini seluruh pengurus pasti aktif ùntuk menjalankannya sehingga meringankan tugas.

" Tujuan dibentuknya SB4 mengacu kepada sila 1 Ketuhanan YME dapat menjadi tuntunan masyarakat yang berketuhanan, beradat dan berbudaya," kata Hasibuan.

Hadir dalam kesempatan itu Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang, Ketua SB4 Jhon Franki Hasibuan, Ketua Sementara DPRD Batu Bara M Syafii,  Anggota DPD RI Williem Simarmata,  para undangan dan ratusan massa SB4 diseluruh kecamatan. (ea.ps/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini