Bupati Karo Dampingi Direktur RR BNPB Sisir 170 Unit Rumah Siap Huni di Siosar

Editor: metrokampung.com
Direktur BNPB peningkatan dan pemulihan fisik Kedeputian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Taufik Kartiko, didampingi Bupati karo Terkelin Brahmana dan sejumlah SKPD sisir 170 unit rumah hasil Relokasi tahap III di Sisosar.

Karo, metrokampung.com
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) letjen TNI Doni Monardo melalui  Direktur peningkatan dan pemulihan fisik Kedeputian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Taufik Kartiko, lakukan peninjuan lokasi pembangunan huntap tahap III , Senen (25/11) pukul 17.00 WIB di Siosar.

Saat Peninjauan berlangsung ikut mendampingi  Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, Liaison officer (LO) Kolonel Inf Yufti Senjaya, Asisten 1 pemerintahan Drs Suang Karo-karo, Kalak BPBD Ir Martin Sitepu, kabid RR BPBD propinsi sumut Adam dna  kasi BPBD kab karo Nius Abdi Ginting.

Kedatangan rombongan disambut oleh  konsultan dan sekaligus pengawas yang  mewakili pihak PT sakarnas Dermawan Tarigan.

Direktur peningkatan dan pemulihan fisik Kedeputian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Taufik Kartiko, mengungkapkan keberadaannya datang ke kab karo secara khusus ingin melihat secara langsung progress pembangunan Relokasi tahap III, ujarnya.

Diakui Taufik Kartiko, selama ini pihaknya sudah mendapat laporan secara tertulis terkait progres pembangunan relokasi tahap III, namun membuktikan itu pihak BNPB menugaskan dirinya  melihat secara fisik, terangnya.

Ia menilai, sejauh ini pembangunan Relokasi tahap III, masih  berjalan sesuai rencana, dan sudah mulai rampung, iya kita sisir tadi, sudah terlihat rumah seperti siap huni, tinggal infrastruktur jalan yang belum terbangun, katanya.

Hal senada dikemukakan Bupati karo Terkelin Brahmana pembangunan rumah 170 unit hasil Relokasi tahap III, masih sesuai rencana dan pemda karo selalu memonitor pekerjaan perusahaan yang dilakukan oleh BPBD Karo,untuk menjadi bahan evaluasi dan penentuan langkah langkah yang dibutuhkan, ucapnya.

Lanjutnya Terkelin  berharap ditahun 2020 mendatang  Relokasi tahap III ini mudah mudahan segala fasos dan fasum segera terealisasi dan terselesaikan, sehingga masyarakat dengan cepat dapat menghuni rumah tersebut yang menurut bupati sangat dinantikan sekali oleh masyarakat pengungsi yang berhak, imbuhnya.

Sementara PT Sakarnas selaku pemenang tender pembangunan Relokasi tahap III diwakili  oleh  Dermawan Tarigan selaku konsultan dan Pengawas mengatakan optimis bulan Desember 2019 target pembangunan rumah akan selesai dikerjakan PT sakarnas, ujarnya saat ditemui di Sioasar.

Menurut dermawan, yakin akan menyelesaikan target  sebanyak 170 unit rumah sesuai dengan kontrak  yang ada, walaupun ada sedikit terganggu faktor cuaca dan tekstur  tanah yang agak sulit, jelasnya.

Hal ini berdampak dalam mengisi  material ke lokasi  seperti semen, pasir, besi, kerikil dan batu bata, terkendala akibat tekstur tanah yang sulit dilalui dan kendaraan semuanya harus menggunakan double cabin, ungkap Dermawan.

Untung saja, kita memiliki excavator, setiap kendaraan lengket membawa material excavator siap mendorong kendaraan tersebut, ruginya excavator tidak dapat diberdayakan sepenuhnya karena harus terbuang waktu untuk mengontrol kendaraan  yang membawa  bahan material yang masuk, tandanya.

Tapi semua ini, pihaknya  menjamin sebelum tanggal 31 Desemebr 2019 pembangunan 170 unit rumah ini akan selesai dikerjakan, sekarang saja sudah mulai rampung,mudah mudahan tidak ada halangan dan hambatan, sesuai target kita capai, ujarnya mengakhiri. (amr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini