SUMUT

NASIONAL

Diawali Ibadah Pdt. TP Simarmata, Kapolres Batu Bara Lantik Pengurus Suku Batak Bersatu

Sabtu, 30 November 2019 | 20.49 WIB
Kali Dibaca |


Batu Bara- Metrokampung.com
Disaksikan ribuan warga, Kapolres Batu Bara AKBP Robin Simatupang, SH,M.Hum melantik pengurus Suku Batak Batu Bara Bersatu (SB4) periode 2019-2024 ditandai penyerahan tunggul panaluan kepada Ketua Umum SB4 Jhon Frenky Hasibuan, ST oleh Kapolres Batu Bara di lapangan Sepakbola Indrasakti, Indra Pura Kec. Air Putih  Kab. Batu Bara, Sabtu (30/11/2019).

Diawali Ibadah singkat oleh Pdt Dr Willem TP Simarmata yang merupakan mantan Ephorus HKBP acara silaturahmi dan pelantikan SB4 berlangsung sangat  meriah.

Kapolres Batu Bara AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum mengaspresiasi pelantikan SB4 sungguh luar biasa suku Batak yang ada di Kab Batu Bara.



Disebutkan, sejarah suku Batak yang ada di Negara Indonesia dengan beragam Marga yang ada di dalam suku Batak dimulai dari Sianjur Mula Mula Pusuk Buhit.

Perkembangan Suku Batak ini sangat unik dan dikenal sebagai pamungka huta (pembuka kampung) dimulai satu kelompok hingga mengisi satu perkampungan.

Kapolres mengajak Ketua SB4 dan seluruh pengurus untuk menghidupkan kembali adat istiadat suku Batak agar tidak hilang atas pengaruh budaya perkembangan zaman.

Pada kesempatan tersebut Kapolres mengungkapkan rasa bangganya bahwa suku Batak bersatu di Kab Batu Bara agar dapat mengisi dalam pembangunan nasional di Kab Batu Bara.

Dikatakan Kapolres, suku Batak tidak mengenal perbedaan suku maupun agama karena suku Batak menjunjung persatuan dan kesatuan.

Kapolres berharap kepengurusan SB4 dapat mengajak suku Batak yang ada di Kab Batu Bara untuk menciptakan situasi yang aman dan damai.

Melihat potensi warga Batak, Kapolres berpesan kepada Bupati  Batu Bara untuk memperhatikan orang orang Batak dalam pembangunan jalan Jalan yang ada di Kab Batu Bara.

"SB4 harus bisa menjadi garda terdepan untuk membantu Pemkab Batu Bara dalam pengelolaan Pembangunan yang ada di Kab Batu Bara sejalan dengan kesepakatan Forkopimda  untuk mendukung Pemkab Batu Bara", harap Kapolres.


Kapolres menyampaikan harapan SB4 harus bisa menjadi motor untuk menolak Radikalisme yang ada di Kab Batu Bara serta mengantisipasi untuk menolak Terorisme di Kab Batu Bara.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Batu Bara Ir Zahir, MAP, Kapolres Batu Bara AKBP Robin Simatupang, SH,M Hum, Tokoh Etnis Batak Sumatera Utara Pdt Dr Willem TP Simarmata (anggota DPD RI), Ketua Sementara DPRD Kab Batu Bara M Syafi'i, SH, Anggota DPRD Kab Batu Bara Citra Muliadi Bangun (F. PKS), Ajijul (F. PPP), Azuar Simanjuntak, SE (F. PD).

Juga hadir Jhon Frenky Hasibuan, ST Ketua Umum SB4, Ketua PD Alwasliyah Kab Batu Bara Sarkowi Hamid, Kapolsek Indrapura AKP Mita Natasya, SH, SIK, mewakili Danramil Indrapura, Ketua Panitia kegiatan SB4 April Sihombing, OPD se Kab Batu Bara, Camat Air Putih Riyadi, SPd, para pengurus SB4 se Kab Batu Bara, perwakilan Ormas se Kab Batu Bara dan sekitar 3000 orang tamu undangan. (ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru