SUMUT

NASIONAL

Pematang Jaya Menjadi Utusan Negri Bertuah, Dalam Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi

Rabu, 06 November 2019 | 21.10 WIB
Kali Dibaca |

Pematang Jaya : Camat Pematang Jaya saat menyambut kedatangan Tim Penilaian Kecamatan Terbaik tingkat Propsu.

Langkat- MetroKampung.com
Setelah meraih gelar sebagai Kecamatan Terbaik tingkat Kabupaten Langkat atas kemampuannya dalam  mengembangkan inovasi pelayanan public, kini  Pematang Jaya di bawah kepemimpinan Camat Ahmad Fitria, S.Sos masuk dalam penilaian Kecamatan Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) tahun 2019, mewakili Negeri Bertuah, Kabupaten Langkat.

Hal itu terungkap saat Ketua Tim Penilaian Kecamatan Provsu, Ervan Gani P. Siahaan selaku Kabag Perbatasan dan Pertanahan Setdaprovsu bersama rombongannya, melakukan kunjungan ke Pematang Jaya untuk melakukan penilaian, Kamis (31/10) yang lalu.

Disambut Asisten I Pemerintahan Abdul Karim Bupati Langkat, sebagai yang mewakili Terbit Rencana PA, didampingi Camat beserta ketua PKK Pematang Jaya serta sejumlah pimpinan OPD Pemkab Langkat, di halaman kantor Camat Pematang Jaya. Ervan Gani mengatakan, jika Pematang Jaya meraih nilai tertinggi, maka akan menjadi Kecamatan terbaik tingkat Provsu dan mewakili Provsu ke ajang tingkat nasional.

“Semoga hal tersebut tercapai,  sebagai hadiah kerja keras selama ini,”ujarnya.

Sementara itu, Asisten I berharap kepada tim penilaian, untuk  terus memberikan bimbingan, arahan serta saran dan masukan, agar Pematang Jaya dapat menjadi Kecamatan Terbaik tingkat Provsu.  Selain itu, Asisten I, juga meminta dukungan kepada semua pihak, baik OPD terkait, pengurus PKK Langkat, para lembaga Desa dan Kecamatan serta masyarakat setempat, untuk memberikan dukungan kepada Kecamatan Pematang Jaya, sehingga bisa meraih prestasi yang diharapkan.

“Jadi, mari kita ciptakan koordinasi dan kerjasama yang baik, dalam mendukung dan  melaksanakan kegiatan ini,”pintanya.

Sementara itu, Camat Pematang Jaya, pada exsposenya, menjelaskan prestasi yang selama ini dicapai hingga pihaknya meraih Kecamatan Terbaik tingkat Kabupaten. Pertama Kecamatan pertama di Indonesia dan satu-satunya yang melaksanakan program pengembangan literasi secara kolosal dan berkesinambungan (Formalindo).

Kedua, Kecamatan pertama dan satu-satunya di Sumatera Utara yang berinovasi dan memiliki aplikasi dalam  program cegah dini kanker serviks ; IVA Test ( TP PKK Propsu ). Ketiga, Kecamatan pertama dan satu-satunya di Kabupaten Langkat yang memiliki BUMDES Bersama (Dinas PMD Kab. Langkat).

Keempat, Kecamatan pertama di Kabupaten Langkat yang meraih over Target PBB sebelum jatuh tempo tahun 2019 ini dan berturut-turut tanpa henti selama 11 tahun terakhir (Bapenda Langkat).  Kelima, Kecamatan satu-satunya di Kabupaten Langkat yg  melakukan penambahan modsl dan tetap mengembangkan Dana Bergulir pada Kelompok Simpan Pinjam Usaha Perempuan  (Dinas PMD Langkat).

Keeman, Kecamatan pertama yang akan mempunyai gedung kantor bersama BKAD, UPK dan Bumdes Bersama. Ketujuh, Kecamatan pertama di Kabupaten Langkat yg ikut dan menjadi nominasi dalam Lomba Inovasi dari Kemenpan RB dan menjadi satu-satunya kecamatan yg lolos tahap seleksi (Bagian Organisasi).  Selanjutnya, Kecamatan satu-satunya di Sumatera Utara  yg mengirimkan stafnya Tugas Belajar Program Doktoral di ITB Bandung (BKD) dan kesembilan, Salah satu kecamatan wilayah pesisir Langkat yang tidak tercatat kasus Stunting (Dinas Kesehatan).

Untuk program unggulan Kecamatannya, terang Ahmad, yakni   pertama, TIPUTAR (Sistem Jemput Antar) yaitu membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan admistrasi di Desa dan Kecamatan. Kedua, Festival Literasi, tujuanya untuk membantu meningkatkan minat baca dan menambah pengetahuan masyarakat dan Pelajar  Pematang Jaya.

Ketiga, Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA TES) yaitu program kerjasama antar TP. PKK Kecamatan dengan Puskesmas Pematang Jaya, untuk memberikan penyuluhan tentang penanggulangan Kanker Leher Rahim dan masalah kesehatan lainnya.

“Melalui pendekatan pelayanan Masyarakat dengan cara kegiatan yang bersifat Promotif (Sosialisasi) dan Prefentif (Pencegahan),” ungkapnya sembari memaparkan, Kecamatan Pematang Jaya berdiri sejak 19 Desember 2007.(BD/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru