SUMUT

NASIONAL

Pemkot Tanjungbalai Gelar Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Rabu, 27 November 2019 | 20.47 WIB
Kali Dibaca |

HANGAT: Ketua Himpaudi Hj Sri Silvisa Novita Muhammad Syahrial cukup hangat menyambut antusias dari siswa saat mengikuti kegiatan peringatan hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (CTPS) di SDN 132405, Kelurahan Perwira Kecamatan Tanjungbalai Selatan Kota Tanjungbalai, Selasa (26/11).

Tanjungbalai, metrokampung.com
Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai menggelar peringatan hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (CTPS) yang dipusatkan di SD Negeri 132405, Kelurahan Perwira, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai, Selasa (26/11). Puncak peringatan CTPS dihadiri langsung oleh Ketua Himpaudi Tanjungbalai, Hj Sri Silvisa Novita Muhammad Syahrial.

"Pertama sekali saya ucapkan terimakasih kepada pihak sekolah dan OPD terkait atas terselenggaranya acara ini. Peringatan ini merupakan kampanye bahwa cuci tangan pakai sabun hendaknya menjadi kebiasaan, bahkan membudaya dalam kehidupan kita, "sebut Hj. Sri Silvisa dalam sambutannya.

Pada peringatan CTPS itu katanya, ada beberapa hal kegiatan yang dilaksanakan diantaranya kegiatan cuci tangan pakai sabun, sikat gigi, gemar makan ikan cegah stunting dan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA).

Menurut Sri Silvisa, kegiatan cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu indikator perilaku hidup bersih dan sehat. Cuci tangan pakai sabun penting dilakukan agar terhindar dari penyakit yang bersumber dari kotoran dan kuman yang menempel ditangan.

"Kepada anak anak sekalian, sebelum jajan diharapkan cuci tangan terlebih dahulu supaya sehat. Kepada pihak sekolah diharapkan menyediakan fasilitas air bersih dan mengalir utk digunakan oleh seluruh murid. Ketika mencuci tangan perhatikan langkah langkah sesuai yang dianjurkan agar tangan benar benar bersih, "tegasnya.

Selain CTPS lanjutnya, sikat gigi juga sangat penting dilakukan secara rutin agar mulut terjaga kebersihannya. Terutama usia anak yang lebih suka mengkonsumsi makanan yg manis manis harus lebih disiplin menggosok gigi agar tumbuh bersih dan kuat.

Ditambahkan lagi, kasus stunting yang cukup besar di Indonesia menjadi isu nasional yang harus ditindaklanjuti pencegahannya oleh kabupaten/kota. Makan ikan setiap hari merupakan salah satu upaya pencegahan stunting. Karena Tanjungbalai kaya akan ikan, untuk itu diajak agar gemar dan konsumsi ikan setiap hari.

"Dalam mendukung Tanjungbalai sebagai kota layak anak, khususnya sekolah ramah anak, setiap murid difasilitasi penerbitan kartu identitas anak sebagai wujud pemenuhan hak sipil anak. Informasi yang saya peroleh bahwa sekolah ini sudah cukup baik, banyak inovasi yg telah dilakukan. Diantaranya adanya kantin sehat yg terjaga kebersihannya, ada juga polisi cilik dan dokter cilik yg rutin dilatih, grup marching band, grup tari dan lainnya. Semoga sekolah ini semakin maju, kreatif dan inovatif. Tetap komitmen dengan konsep sekolah ramah anak agar anak anak disini tidak hanya cerdas tetapi juga lebih kreatif dan merasa nyaman, baik itu ketika belajar maupun ketika bermain, " ungkap Hj. Sri Silvisa Novita.

Pantauan dilokasi, ratusan anak antusias mengikuti kegiatan tersebut bersama Ketua Himpaudi Hj. Sri Silvisa Novita dan para guru serta OPD terkait.(RS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru