Untuk Mudahnya Mengakses Data, Bupati Karo Launching 'Karo Comamnd Center'

Editor: metrokampung.com

Karo, metrokampung.com
Bupati Karo Terkelin Brahmana akhirnya resmi  launching Karo Command Center, Kamis (7/11) pukul 10.00 Wib di Lobi Kantor Bupati Karo.

Dalam sambutannya Terkelin Brahmana mengatakan  peresmian command center ini merupakan terobosan inovatif pemerintah Kabupaten Karo dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memberikan dan meningkatkan Sistem administrasi pemerintahan dan Pelayanan Kepada Masyarakat atau elektronik -government (e-gov ) dan Sekarang Disebut dengan SPBE (sistem pemerintahan berbasis elektronik ) Sesuai Dengan peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018, paparnya.

Lebih lanjut disampaikan, command center ini merupakan Ruangan yang lengkap dengan Infrastruktur berbasis IT, data dan Sistem Informasi yang terintegrasi dalam data center untuk Mendukung Pengambilan Keputusan , Monitoring , koordinasi dan mengontrol Seluruh Tindakan yang Diperlukan sebagai Respon terhadap Segala Permasalahan , tindakan tanggap Darurat, action plan untuk perbaikan dan pemulihan , dan langkah penyediaan informasi publik, tutur Terkelin Brahmana.

Lanjutnya, pembangunan Karo Command Center ini adalah upaya dan komitmen pemerintah Kabupaten Karo dalam memberikan efisiensi, efektifitas , transparansi dan peningkatan Kualitas Layanan publik. Dalam command center inilah semua layanan publik dan layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik akan terintegrasi, tandasnya.

Untuk itulah, dalam penyelenggaraan lemerintahan , pemerintah Kabupaten Karo telah memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi mulai dari sistem perencanaan dengan menggunakan e-planning dan E-Musrenbang , sistem penganggaran dengan menggunakan simda Keuangan dan e-budgeting , layanan sistem pengadaan secara elektronik atau SPSE, sistem Informasi manjemen kinerja pegawai atau e-performance , sistem Informasi Manajemen Absensi pegawai atau E-Absensi , sistem Pelaporan masyarakat secara elektronik atau E-Lapor , sistem pelayanan Perizinan secara elektronik dengan menggunakan aplikasi si -cantik dan layanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik dengan seluruh kementerian /Lembaga Negara atau dikenal dengan Online Single Submission (OSS), urainya.

Hal yang penting lainnya adalah bagaimana command center untuk memberikan akses informasi yang berasal dari masyarakat sehingga , command center ini harus menjadi sarana untuk mendekatkan masyarakat dengan pemerintah dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat . pemerintah dapat melakukan kontrol terhadap pelayanan yang dilakukan sehingga layanan publik akan berjalan dengan maksimal, jelasnya.

Usai acara lounching selesai, selanjutnya diuji coba telecofrence melalui Smart City kepada Camat Tiga Panah dan Camat Berastagi, dan diadakan dialog disaksikan oleh Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty br Sebayang, Sekda Drs Kamperas Terkelin Purba,  Asisten 3 Mulianta Tarigan staf ahli Bupati Karo Ir. Mulia Barus, Kepala BKKBN Seruan Sembiring , Kalak BPBD Karo Ir. Martin Sitepu, Satpol , Perijinan , Bank Sumut, Hasnul Rangkuti, Kepala Telkom Solution Regional Sumatera , Samsul Anwar Tarigan Ka Telkom Kabanjahe.(amr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini