SUMUT

NASIONAL

Abdi Ritonga : CMS Kasda Tingkat Kabupaten, Pemda Karo Sebagai Pionir, Bupati Karo: Pemberlakuan CMS Kasda, di Lingkup Pemda Karo, Tuntutan Era Digital

Jumat, 31 Januari 2020 | 18.38 WIB
Kali Dibaca |


Karo-Metrokampung.com
Dalam rangka meningkatkan layanan kepada nasabah khususnya pengelolaan keuangan pemerintah daerah dalam menunjang aktivitas dan akuntabilitas keuangan agar lebih tertib, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggungjawab, PT Bank Sumut cabang kabanjahe mengembangkan aplikasi CMS Kasda (Cash management system). Demikian dipaparkan oleh Direktur Pemasaran Bank Sumut Abdi Sentosa Ritonga saat peluncuran Launcing CMS Bagi peserta Bimtek,  yang hadir, Jumat (31/1/2020) pukul 10.30 wib di Hotel Sibayak Berastagi.

Menurut Abdi Ritonga, CMS Kasda  yang di launching sekarang ini, mengaku untuk tingkat kabupaten di Sumatera Utara, pemda Karo pionir pertama, menerapkan CMS Kasda (kas daerah) melalui PT Bank Sumut.

Aplikasi tersebut, untuk memberikan kemudahan kepada nasabah yang mempunya mobilitas tinggi dan memerlukan kepraktisan saat melakukan transaksi perbankkan atau bisnis maupun kebutuhan keuangan lainnya, ujarnya.
   
Melalui aplikasi tersebut, tambah Dia , nasabah tidak mesti harus datang ke bank atau ke ATM untuk melakukan transaksi pembayaran atau transfer, karena cash management sistem PT bank Sumut  dapat dioperasikan secara online dan real time setiap saat," terang Abdi Sentosa.
   
"Aplikasi cash management system Kasda (kas daerah) yang dibangun dapat memberikan efisiensi waktu, tenaga, biaya bagi penggunanya," katanya.
   
Selain itu, PT Bank Sumut kabanjahe tambah Abdi, juga telah menerapkan beberapa layanan kerja sama pemerintah kabupaten karo  antara lain transaksi penyaluran , keuangan pembayaran gaji pegawai ASN  seluruh SKPD, jelasnya.

Diketahui, kata Abdi  PT. Bank Sumut telah mengembangkan layanan CMS Kasda Online sejak tahun 2008. Seiring dengan perkembangan teknologi, maka layanan ini terus disempurnakan, sehingga wujud pengelolaan keuangan daerah dapat dikelola secara transparan, akuntabel, efisien, dan efektif, tegasnya.

“Ini juga merupakan bentuk dukungan Bank Sumut terhadap transformasi kebijakan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Dimana CMS Kasda Bank Sumut dapat terkoneksi secara realtime dengan aplikasi pengelolaan keuangan daerah yang digunakan oleh Pemda, yang nantinya akan tersinkronisasi ke buku kas umum secara otomatis dengan aplikasi yang digunakan, tutur Abdi.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, mengatakan adanya Aplikasi CMS Kasda ini menjadi salah satu pembenahan dan inovasi yang membantu mempercepat kinerja OPD dan pada akhirnya dalam pelayanan publik. Apresiasi kita ucapkan pada dirut PT  Bank sumut selaku bank  daerah kebanggaan kita, yang telah mengembangkan sistem aplikasi CMS Kasda online, katanya.

CMS Kasda online yang nantinya juga terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Managemen Daerah (SIMDA) ini, kata Terkelin , diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Selain itu, juga mempercepat proses penatausahaan pengelolaan kas umum daerah, terangnya.


“Semoga layanan atau produk baru ini yang kita launching ini, mampu membawa perbaikan dan percepatan bagi akses layanan keuangan OPD Pemerintah Kabupaten Karo, selanjutnya, menjadi pendorong menuju masyarakat non tunai atau cashless society sesuai tuntutan Era digital," harap Terkelin.

Untuk itu, apa yang dilakukan oleh PT Bank Sumut, bupati menilai langkah yang sangat  tepat, sebab Kecepatan transaksi salah satu modal utama untuk bertahan di era digital saat ini. Tidak terbatas pada sektor swasta, pemerintah dalam menjalankan tugas pelayanan publik pun dituntut untuk cepat merespons dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi digital. Untuk itu, pembenahan dan inovasi harus terus dilakukan, pungkasnya.

Hadir dalam launching CMS Kasda melalui PT Bank Sumut, Ketua DRPD Karo Iriani Br Tarigan, Kadis BPKPAD Andreasta Tarigan, Kepala Cabang Kabanjahe, Josep Karo - Karo, ASN Pemkab Karo dan para  pengusaha serta masyarakat Berastagi.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru