Deliserdang Gelar Apel Siaga Bencana

Editor: metrokampung.com

Lb Pakam, metrokampung.com 
Pemkab Deli Serdang menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam di Lapangan alun-alun Pemkab Deli Serdang, Rabu (8/1/2019). Apel diikuti oleh pasukan gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Ormas,Pramuka. Berbagai sarana dan prasarana pendukung operasi SAR juga ikut digelar.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan yang menjadi pembina apel mengatakan, berdasarkan undang - undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, dinyatakan bahwa wilayah negara kesatuan republik indonesia, memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang berpotensi menimbulkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun manusia seperti: gempa bumi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan lain sebagainya. Melihat kondisi geografi yang demikian, maka kesiapsiagaan dalam mengantisipasi setiap bencana, sangatlah diperlukan. kata Ashari.

Bupati juga mengapresiasi TNI dan Polri bersama relawan yang cepat, sigap dan tanggap , Apel ini merupakan bagian dari kesiapsiagaan kita dalam mitigasi maupun penanggulangan bencana secara formal. Akan tetapi ada bencana maupun tidak, relawan tetap siaga dan siap," jelas Ashari Tambunan .

Menurut H Ashari Tambunan, kita tidak boleh lengah dengan kondisi ini. sekalipun, saat ini, wilayah deli serdang berada pada kondisi yang aman, namun kita harus tetap siap siaga dan selalu waspada, apabila sewaktu waktu hal itu terjadi. sebab, kita menyadari, bahwa bencana alam memang tidak dapat ditolak, akan tetapi yang lebih penting dari itu, adalah bagaimana upaya kita bersama, untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana alam atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana.




“Kita semua harus menyadari, bahwa dalam tanggap bencana tersebut, bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah, TNI / POLRI, Tim Sar maupun instansi terkait semata, akan tetapi ini merupakan panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggung jawab kita bersama”.jelasnya.

Ashari menegaskan, apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang kita gelar pada hari ini, tujuannya, disamping sebagai wujud manifestasi untuk meningkatkan koordinasi, integrasi, kesiapsiagaan dan sinkronisasi kita bersama didalam menghadapi serta menanggulangi setiap bencana yang mungkin terjadi, sekaligus juga dimaksudkan, untuk menguji kemampuan dan keterampilan dalam memobilitasi sumber daya serta pengoperasian sarana dan prasarana yang dimiliki dalam menghadapi ancaman bencana yang sewaktu - waktu dapat terjadi. Sehingga berbagai potensi maupun dampak yang mungkin ditimbulkan dari bencana, dapat dengan sesegera mungkin kita minimalisir.

Turut hadir pada acara apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kabupaten Deli Serdang Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, Kapolresta Deli Serdang Kombespol Yemi Mandagi  S.IK, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, Danyon 121/MK Letkol Inf Wisnu Joko Saputro, Kepala Staf brigif 7/RR Letkol Inf Andrean Siregar, Sekdakab Darwin Zein S.Sos beserta staf ahli dan asisten,Pimpinan OPD, perwakilan Basarnas Provinsi Sumut, Camat Serta para Kades Se-Kabupaten Deli Serdang.(dra/mk) 
Share:
Komentar


Berita Terkini