SUMUT

NASIONAL

Demi Menyelamatkan Ekosistem, Polres Batu Bara Tanam Mangrove di Pantai Sejarah

Jumat, 10 Januari 2020 | 12.50 WIB
Kali Dibaca |

Kapolres Batu Bara AKBP H. Ikhwan Lubis, SH.MH  bersama unsur Forkopimda, masyarakat dan kelompok tani cinta mangrove saat  tanam 2000 batang mangrove di kawasan pesisir pantai  Sejarah Prupuk, Jumat (10/01/2020).

Batu Bara - Metro kampung.com
Kapolres Batu Bara AKBP H. Ikhwan Lubis,SH.MH mengatakan mangrove (bakau) sangat penting bagi kualitas air pada ekosistem di sekitar nya seperti pertumbuhan terumbu karang. Akar mangrove dapat menjadi pelarut nutrien, penahan gelombang, sedimen dan material suspensi yang terangkut dari sungai ke pantai serta melindungi dan mencegah erosi pantai.

Hal itu disampaikan  Kapolres saat  melaksanakan penanaman 2000 pohon mangrove diatas lahan seluas 1 Ha di kawasan wisata pantai Sejarah Perupuk Kecamatan Limapuluh Pesisir Kabupaten Batu Bara, Jumat, (10/01/2020).

Dikatakan Kapolres, penanaman  mangrove  bertujuan untuk menggalakkan program penghijauan dan   dan menjaga ekosistem.

Mangrove berfungsi sebagai tempat pemijahan dan tempat makan bagi berbagai ikan, kerang, dan berbagai jenis kepiting. 

Menurut Kapolres Batu Bara, penanaman mangrove juga sesuai intruksi Kapolri untuk melaksanakan penghijauan. Karena itu penanaman mangrove akan terus digiatkan untuk menyelamatkan bumi  yang saat ini mengalami kerusakan global.

Pada penanaman mangrove tersebut Polres Batu Bara berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Batubara dan pengelola destinasi wisata setempat.

"Kegiatan ini akan terus  digalakkan. Apalagi musim penghujan saat ini dinilai sangat tepat untuk melakukan penanaman mangrove", ujarnya.

Ditempat sama, Bupati Batu Bara Ir.H. Zahir, MAP diwakili Asisten I  Setdakab Rusian Heri, S.Sos menyampaikan  dukungan sepenuhnya atas kegiatan yang dilaksanakan Polres Batu Bara.

Senada Ketua Kelompok Tani Cinta Mangrove Kab. Batubara Azizi, SH mengungkapkan, penghijauan memang harus terus dilakukan kedepan. Selain untuk mitigasi bencana, meredam abrasi, pohon yang tumbuh sangat mendukung destinasi wisata setempat.

“Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan, kami akan bantu melakukan perawatan. Saat ini musim yang tepat untuk menanam mangrove," sebutnya.

Dijelaskan Azizi  ada berbagai macam jenis pohon mangrove. Salah satunya jenis Rhizophora yang ditanam Polres Batu Bara.

Turut hadir dalam penanaman mangrove tersebut, Wapolres Batu Bara Kompol Abdul Mutholib dan pejabat utama Polres Batu Bara lainnya, Ketua Bhayangkari Cabang Batu Bara, Dandim 0208/AS diwakili  Pabung Kab. Batubara Mayor INF. TM Simanjuntak, Asisten II Setdakab. Batu Bara Sahala Nainggolan, OKP, kelompok tani cinta mangrove dan masyarakat sekitar.(ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru