SUMUT

NASIONAL

Letjen TNI (Purn) Amir Sembiring Serahkan Abuku Biografi Untuk Dibaca Bupati Karo

Selasa, 28 Januari 2020 | 20.47 WIB
Kali Dibaca |


Karo, Metrokampung.com
Letjen TNI (Purn) Amir Sembiring Depari setelah terhenti karirnya bertugas di tubuh TNI karena memasuki pensiun, maka sang jenderal dari Suku Karo ini, membuat buku Biografi seputar cerita perjalanan hidupnya, sejak dilahirkan 8 Maret 1949 di Pancurbatu.

Letjen TNI (Purn) Amir Sembiring menuliskan, peluncuran Biografi ini bertujuan agar pembaca  mengetahui perjalanan hidupnya sebagai  seorang prajurit dan  pembaca dapat meneladani dan mengambil pelajaran dari kisah sang jenderal  yang ia baca untuk dipakai dalam kehidupan sehari-harinya. Ujarnya saat menyerahkan satu buah buku Biografi kepada Bupati karo Terkelin Brahmana, SH  Sabtu (27/1) di Balai Samudera Kelapa Gading Jakarta Timur.

Dalam penyerahan buku tersebut,disaksikan oleh Ketua TP PKK kab karo Ny Sariati Terkelin Brahmana, Asisten 1 pemerintahan Drs Suang Karo-karo, Alimin Ginting, Liasta Ginting.

Kemudian  letjen Purn. Amir mengharapkan agar  Bupati Karo dapat membaca dan memberikan sesuatu yang berharga pada orang lain, setelah membaca isi buku tersebut, jika baik  tiru-lah untuk meraih kesuksesan dalam memimpin, terangnya.

Menurut Amir Purnawirawan jenderal ini, dirinya tidak panjang lebar bercerita, namun ingin mengetahui perjalan hidup saya, didalam buku ini semua sudah jelas saat saya meniti karir di TNI hingga dalam kegiatan sosial dan keagamaan.

Semisal Dirinya pernah ditunjuk menjadi Ketua Panitia Pembangunan Gereja POUK (Persekutuan Oikoumene Umat Kristen) Lahai Roi Ci-jantung.Panitia pembangunan GBKP (Gereja Batak Karo Protestan) Cijantung, dan berpartisipasi dalam pembangunan beberapa gereja GBKP. Juga menjadi Ketua Panitia Pengusulan Letjen Jamin Gintings men-jadi Pahlawan Nasional dan Peresmian Museum Jamin Gintings di Suka, Kabanjahe, Ketua Yayasan Pahlawan Nasional Jamin Gintings, Ketua Umum transisi penyelamatan organisasi HMKI (Himpunan Masyarakat Karo Indonesia), Ketua Yayasan Sentrum GBKP Jakarta dan juga menjadi tim penyusun Pedoman Pernikahan Karo di Jakarta, bebernya.

Ia menambahkan, ide menemukan  Hari Jadi Kabupaten Karo saat pelaksanaan seminar di berastagi, Amir meng-klaim usulan tersebut lah dasar hari Jadi kabupaten karo ditetapkan setiap  Bulan maret, jelasnya.

Sementara Bupati karo Terkelin Brahmana, SH menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada saya, walaupun satu buah buku, namun nilainya tidak terhitung, dalam  buku Biografi ini tertulis Derap langkah jenderal diatur oleh "Tuhan"  merupakan sangat relevan dengan program yang dicanangkan pemerintah dalam upaya penghormatan dan penghargaan terhadap para pejuang dan tokoh bangsa. Ujarnya saat menerima buku Biografi  yang diserahkan Letjen TNI (Purn) Amir Sembiring Depari.

Selain itu, kegiatan seperti ini bukan cuma sekedar gaya tapi sangat bermanfaat, terutama bagi generasi muda kalangan milineal  kita agar tidak kehilangan identitas diri terhadap derasnya arus masuknya budaya asing karena dengan penerbitan buku ini, para generasi milineal dapat mengenal danenghargai para pejuang, tuturnya.

Lebih itu, bagi yang membaca buku ini dapat mengetahui dengan jelas kegigihan dan kepribadian para pejuang dan tokoh bangsa kita, serta dapat dicontoh dan diteladani, dalam berbagai kalangan ditengah tengah kehidupan bermasyarakat, ucap Terkelin.

Terkelin mengajak, hargai lah pahlawan kita, sebab bangsa yang besar adalah orang yang menghargai jasa jasa pahlawannya, dan dirinya meminta aplikasikan yang sifat baik agar kita juga dapat sukses, pungkasnya.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru