SUMUT

NASIONAL

Antusias, Ribuan Warga Hadiri Hari Ulang Tahun Kabupaten Toba ke XXI

Sabtu, 14 Maret 2020 | 17.15 WIB
Kali Dibaca |


Toba, metrokampung.com
Ulang tahun Toba ke XXI yang sebelumnya Kabupaten Toba Samosir sebagai momentum perpisahan dari Samosir dihadiri ribuan masyarakat Toba.

Acara peringatan hari jadi ini sekaligus acara syukuran atas perubahan nama dari Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba Provinsi Sumut pada Sabtu (14/3/2020).

Acara dimulai dengan ibadah singkat sebagai bentuk rasa syukur atas semua berkat Tuhan kepada Kabupaten Toba.

Sejumlah pejabat negara turut hadir dalam even bersejarah itu, Martin Manurung anggota DPR-RI wakil ketua komisi VI, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Tumpak Simanjuntak perwakilan Kemendagri, seluruh anggota DPRD Toba, Jenderal (purn) Harangan Sitorus dan para mantan bupati Toba.

Dalam kata sambutanya Bupati Toba, paparkan kemajuan yang dicapai sejak dirinya memimpin Toba.  Menurutnya IPM Toba 74,92 nomor dua setelah Kabupaten Deli Serdang.


Angka kemiskinan juga tinggal 8,6% dari tahun sebelumnya. Bupati berjanji akan menuntaskan 6 dusun yang belum teraliri listrik. Sebelumnya, 64 dusun belum teraliri listrik.

Kabupaten Toba juga mendapat penghargaan WTP dari BPK  selama 3 tahun berturut-turut dan penghargaan dari kesehatan RI terkait dengan rubella untuk  imunisasi anak.

Gubernur Edy Rahmayadi diberikan cendramata ulos yang sebelumnya telah memberikan bulang-bulang (memakaikan  ulos  lengkap dengan  tongkat kerajaan) kepada Drs. Sahala Tampubolon beserta istri bupati pertama.(e/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru