Disdik Labuhanbatu gelar Pelatihan Kurtilas

Editor: metrokampung.com

Labuhanbatu, metrokampung.com
Dinas Pendidikan (Disdik) Labuhanbatu mengadakan pelatihan penyusunan kurikulum 2013 angkatan ke IV tingkat Sekolah Dasar (SD), di Hotel Permataland Rantauprapat, Selasa (17/3/2020).

Kegiatan itu, dihadiri Kadisdik,  H. Mhd Saiful Azhar, MPd, Kabid SD, dan 44 peserta (Guru – guru SD se Labuhanbatu), dengan mendatangkan narasumber dari Provinsi Sumut, Dr Yusuf MT.

Dalam sambutannya, Kadisdik mengatakan, pelatihan tersebut akan terus menerus dilaksanakan setiap tahunnya, guna menambah wawasan Guru-guru SD. Agar kemampuan guru merata dan terus meningkat, ujarnya.

Sementara, narasumber, Dr Yusuf MT, memberikan materi – materi penting.

Diangtaranya Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Nadiem Karim.

Ada empat hal yang menjadi pokok kebijakan Merdeka Belajar yang pertama adalah ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Yang kedua Ujian Nasional (UN) dan ketiga, rencana pelaksanaan pembelajaran atau (RPP). Yang ke empat, peraturan penerimaan peserta didik baru (PPDB), paparnya.

Pada pelatihan ini, selain dibekali bagaimana merancang RPP mini, guru juga dibekali cara penulisan soal dengan kompetensi dasar yang ada dikembangkan menjadi indikator.

Yang indikator tersebut nanti akan dikembangkan menjadi indikator soal yang hots dengan menggunakan kisi-kisi serta kartu soal.

Para guru juga mempraktekkan penerapan pembelajaran aktif, cara membuat lembar kerja dan tugas pada siswa, pengelolaan lingkungan belajar serta budaya baca.(Oen/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini