Bupati Karo Tabur 6000 Ribu Benih Ikan Nila Untuk Poktan Arih Ersada Daulu

Editor: metrokampung.com

Daulu, metrokampung.com
Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH didampingi Kadis Perikanan Sarjana Purba, SSTP, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, ST, Kabid Cipta Marga Hendra Mitcon Purba, melakukan penebaran benih  ikan nila, di kolam kelompok Tani Arih Ersada  Selasa (28/4) pukul 14.00 wib di desa Daulu.

Menurut kadis Perikanan Sarjana Purba, SSTP, penebaran benih ikan nila ini sebagai bentuk usaha bersama antara kelompok tani Arih Ersada Daulu dengan Dinas Perikanan Kabupaten Karo, ujarnya.

Kegiatan ini,  sekaligus mengedukasi  masyarakat dan kelompok tani yang lainnya, agar dapat meniru kelompok tani (poktan) Arih Ersada, dalam menciptakan usaha bersama dan menikmati hasil bersama, jelas program arih ersada ini menjadi skala pilot Project, bagi poktan daerah lainnya, imbuh Sarjana.

Masih, dilokasi kata sarjana, penebaran benih ikan dalam kolam pembesaran bagi poktan Arih ersada akan dilakukan  4 (empat) tahap  dengan penebaran  jumlah benih 24 ribu ekor ikan.

Sedangkan, saat ini penebaran tahap pertama telah kita lakukan tadi sebanyak 6 ribu  ekor ikan nila, selanjutnya dua minggu kedepan penebaran benih ikan nila kita lanjutkan untuk tahap kedua, dan seterusnya, kata Sarjana Purba.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH mengatakan sangat mengapreisasi dan memuji  langkah dinas perikanan dalam membentuk  kebersamaan melalui usaha bersama meningkatkan usaha dengan penebaran benih ikan nila bekerjasama dengan poktan Arih Ersada, ujarnya.

Selain itu, dengan adanya kolam ikan milik Poktan Arih Ersada , maka dapat membantu ekonomi poktan, terlebih dalam situasi Covid-19 yang saat ini, berpengaruh kepada ekonomi masyrakat, dengan adanya usaha bersama ini, poktan arih ersada akan bangkit dan sekaligus menjadi contoh untuk kelompok tani bagi desa lain, ucapnya.

Terkelin menilai, program tabur ikan ini, sungguh sangat kreatif dan inovatif, suatu terobosan yang peduli dan  memikirkan kepentingan masyrakat, dan dinilai sangat tepat langkah dinas perikanan tersebut, terangnya.

Ketua poktan Arih Ersada Alex Sembiring membenarkan bahwa kegiatan program ini sebagai usaha bersama antara Dinas Perikan Kabupaten Karo dengan Poktan Arih Ersada sebagai kerjasama memajukan usaha perikanan, ujarnya.

Untuk itu, Poktan Arih Ersada mengucapkan terimakasih kepada dinas perikanan yang sudah melakukan penebaran benih ikan nila sebanyak 6000 ribu ekor, dilahan  kolam yang saat ini telah kami siapkan sebanyak 2 kolam, ungkapnya.

Sedangkan kolam yang kosong masih ada 5 kolam lagi, jadi menurut Alex setelah penebaran tahap pertama ini, maka masih ada penebaran tahap kedua hingga tahap ke empat, sebutnya.

Kini, Poktan Arih Ersada ingin berusaha mengembangkan budi daya ikan ini, untuk  membuktikan bahwa menggeluti ternak  ikan, bila ditekuni akan berhasil, dengan waktu panen 2-3 bulan, jelasnya.(amr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini