SUMUT

NASIONAL

Peduli Covid 19, HMI Dairi Bagi Masker dan Desinfektan di Beberapa Titik Mesjid

Minggu, 19 April 2020 | 01.02 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Dairi cabang Medan melaksanakan aksi kemanusiaan dengan tema “HMI Dairi Peduli Penanganan Corona Virus Desease 19” di kabupaten Dairi. Menanggapi situasi hari ini dengan merebahnya wabah virus Corona (covid-19) yang dampaknya sudah sampai keseluruh penjuru negeri ini sehingga pemerintah pusat telah menjadikan status bencana non alam ini menjadi Darurat Kesehatan Nasional. Kabupaten Dairi menjadi salah satu daerah yang terkena dampak penyebaran covid -19 ini, sejauh ini ada dua warga Dairi yang meninggal dan dinyatakan positif covid -19 hasil rapid test.

Situasi ini cukup  meresahkan dan membuat  kepanikan ditengah-tengah masyarakat yang semakin menjadi-jadi. Atas dasar inilah pemuda dan mahasiswa yang tergabung kedalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Dairi melakukan aksi “Open Donasi” dalam rangka kepedulian untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Dairi.

Setelah melakukan Open Donasi selama seminggu, akhirnya kader HMI Dairi menyalurkan Donasinya yang pertama lewat serangkaian kegiatan yang dimulai dari hari pertama kamis, 16 april 2020 yakni penyemprotan desinfektan ditempat-tempat ibadah dan fasilitas umum yang ada diseputaran Kecamatan Sidikalang. Kemudian dihari kedua seusai sholat jum’at kader-kader HmI melakukan pembagian masker kepada ummat di tiga titik yakni masjid Agung Sidikalang, Masjid Telaga Zam zam dan Masjid Amaliyah SPG.

Dike Darmansyah Simbolon selaku Ketua Panitia Pelaksanaan kegiatan ini menyebutkan, sekitar seribu Masker  kita bagikan kepada ummat dan masyarakat secara gratis.

" Masker yang kita bagi adalah Masker yang terbuat dari kain yang bisa dicuci untuk digunakan ulang. Puncaknya dihari sabtu, hari pekan/pasar Daerah di Sidikalang menjadi hari terakhir tebar masker dibeberapa tempat strategis diantaranya di Kecamatan Berampu/Pasi, Kecamatan Parbuluan , Kelurahan Batang Berruh/SPG dan terakhir di seputar Pasar Sidikalang" ujar Dike (Sabtu/18/04/2020).

Aksi ini mendapat respon yang sangat positif dari warga setempat, Koordinator Umum HMI Dairi, Dandi F Sitohang menyebutkan bahwa kegiatan ini masih yang pertama kita lakukan selama masa pandemi ini berlangsung. Kami berharap agenda ini bisa lebih ditingkatkan lagi untuk waktu-waktu mendatang sampai wabah ini benar-benar hilang dan berakhir dari bumi kita ini. Dan kami mengajak seluruh elemen masyarakat terkhusus komunitas-komunitas dan organisasi masyarakat yang ada di Dairi untuk sama-sama bergandengtangan membantu Pemerintah kita dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 ini.


Terlebih-lebih sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan yakni bulan yang senantiasa dinanti-nantikan oleh ummat islam untuk melaksanakan ibadah Puasa. Kita berharap bisa menjalani ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya selama bulan ramadhan ini dengan situasi yang tidak biasanya dengan penuh hikmad, tutur beliau.

Diakhir kegiatan, Dandi juga tidak lupa mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Donatur, Alumni HMI, dan pihak-pihak yang sudah mempercayakan donasinya untuk dititipkan dan disalurkan oleh HmI Dairi cabang Medan. Mudah-mudahan Allah swt membalas setiap kebaikan kita dengan berlipat ganda seperti janji-Nya.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru