Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Bupati Eddy, Pemerintah Memahami kesulitan Masyarakat Akibat Covid-19

Kamis, 28 Mei 2020 | 12.02 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan bahwa di masa Pendemi Covid-19 ini, Pemerintah sangat memahami kesulitan yang dialami oleh masyarakat baik itu kesulitan ekonomi dan kesulitan dalam sosial kemasyarakatan yang dijalani dalam hidup sehari-hari akibat banyaknya sendi kehidupan yang tidak normal dan berubah yang harus ditaati selama masa Pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu saat membagikan serta memantau penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Desa Sopo Butar Kecamatan Siempat Nempu Hilir pada Rabu (27/5/2020) di Kantor Kepala Desa Sopo Butar.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan dalam masa pandemi covid-19 saat ini, Pemerintah Pusat bersama dengan Pemerintah Daerah saling bahu membahu dan bekerjsama dalam menangani pencegahan covid-19. Untuk Kabupaten Dairi, Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi bersama dengan seluruh jajarannya yang dibantu dari pihak TNI dan Polri saling bahu membahu agar pencegahan Covid-19 di Kabupaten Dairi dapat terlaksana dengan baik.

“Kami memahami pasti masyarakat menemui kesulitan akibat covid-19 ini. Pendapatan menjadi berkurang tiba tiba, untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,” ujar Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu.

Oleh karena kesulitan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan melalui Peraturan Menteri Desa agar dana desa dapat dibagi dan dipergunakan untuk membantu langsung kehidupan masyarakat yang terdampak akibat covid-19.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam pemantauan penyaluran BLT di beberapa desa telah menginstruksikan kepada para Camat dan Kepala Desa agar proses penyaluran BLT Dana Desa dapat selesai dilakukan sebelum tanggal 28 Mei 2020. Hal itu dikatakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu karena setiap harinya kebutuhan akan bahan pokok semakin sulit dirasakan oleh masyarakat yang terdampak akibat Covid-19.


Oleh karena itu, kepada para warga penerima bantuan yang terdampak akibat covid-19, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu berharap agar menggunakan bantuan yang akan diterima dengan sebaik-baiknya.

“Mari bersyukur dan pergunakankah untuk membeli kebutuhan pokok di rumah,” ucap Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Untuk jumlah bantuan yang akan diterima oleh warga, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan setiap warga akan menerima bantuan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp. 600.000 setiap bulan untuk 3 bulan ke depan. BLT Dana Desa yang akan dibagikan tersebut dikatakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersumber dari uang negara yang di instruksikan langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Desa.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan berbagai tahapan dan proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku harus dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi salah satunya adalah tahap pendataan yang dilakukan oleh para Kepala Desa yang berkoordinasi dengan Camat dan Dinas Pemerintahan Desa.

“Tahap pendataan ini bukanlah hal yang mudah karena para Kepala Desa harus berhati hati dalam menentukan siapa warga yang berhak mendapatkan bantuan yang ditentukan lewat musyawarah desa yang turut dikawal dari unsur TNI dan unsur Polri di masing masing desa,” ujar Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu.

Setelah proses pendataan selesai, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate lebih lanjut mengatakan para Kepala Desa akan memberitahukan kepada seluruh warganya yang ada di desa tentang nama-nama warga yang akan menerima BLT Dana Desa tersebut dengan memajang atau menempelkan nama-nama penerima bantuan di tiap kantor Kepala Desa.


“Saya sudah instruksikan langsung agar Kepala Desa memajang dan pampangkan nama penerima bantuan agar masyarakat dapat mengetahuinya dan tidak ada data yang ditutup tutupi. Masyarakat desa berhak atas keterbukaan informasi ini,” tegas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Atas kerja keras yang dilakukan jajarannya ini, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu pun sangat mengapresiasi kinerja seluruh jajarannya khususnya para Kepala Desa yang telah bekerja dengan semaksimal mungkin sehingga pembagian bantuan ini dapat terlaksana saat ini.

Selain bantuan dana desa, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu juga menambahkan dalam kurun waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Dairi juga akan menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang nantinya juga akan disalurkan secepatnya kepada warga yang terdampak akibat Covid-19.

Turut hadir dalam pembagian bantuan tersebut Camat Siempat Nempu Hilir Syahdin Habeahan, Babinsa Koramil 03/Parongil Serda Supriyadi, Bhabinkamtibmas Harianto Purba, Kepala Desa Sopo Butar Tumpal Simbolon dan Plt. Kepala Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi Junihardi Siregar.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru