SUMUT

NASIONAL

Terima Kunjungan Liaison Officer BNPB Pusat Untuk Wilayah Sumut, Wali Kota Tanjungbalai : Melihat Berbagai Upaya Penanganan Covid-19 Yang Telah Dilakukan, Pemkot Tanjungbalai Ajukan 'New Normal' Kepada Pemerintah Pusat

Kamis, 28 Mei 2020 | 21.46 WIB
Kali Dibaca |

Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai menerima kunjungan kerja Liaison Officer (LO) BNPB untuk wilayah Sumut, Mayjen (Purn) Darlan Harahap di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (28/5/2020).(Foto Mk/dok)

Tanjungbalai, Metrokampung.com
Hal ini disampaikan Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai saat menerima kunjungan kerja Liaison Officer (LO) BNPB untuk wilayah Sumut, Mayjen (Purn) Darlan Harahap di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (28/5/2020) sore. Kunjungan itu dalam rangka menyikapi dan penanganan Pandemi Covid-19 di Kota Tanjungbalai dan sebagai bentuk kepedulian pemerintah pusat dalam persiapan Tanjungbalai menuju "New Normal".

Acara yang dibuka oleh Wali Kota Tanjungbalai dengan menyampaikan ucapan selamat datang kepada Mayjen (Purn) Darlan Harahap selaku LO BNPB Pusat RI untuk Wilayah Sumut yang telah berkunjung ke Kota Tanjungbalai pada kegiatan monitoring terkait penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai, pada prinsipnya Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai sudah melaksanakan protokol sesuai dengan SOP Covid -19.



Wali Kota H.M Syahrial juga menyampaikan kondisi geografis dan Luas Wilayah serta jumlah penduduk Kota Tanjungbalai saat ini.

Terkait penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai, Wali Kota mengatakan bahwasanya Pemkot Tanjungbalai melalui Gugus Tugas Covid-19 telah melakukan langkah-langkah penanganan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Tanjungbalai dan untuk hal itu Pemkot Tanjungbalai akan mengajukan "New Normal" Kepada Pemerintah Pusat dengan menyiapkan segala mekanisme melalui Protokol Kesehatan yang disesuaikan dengan Pemerintah Pusat nantinya. Sebelumnya, berbagai lapisan masyarakat Tanjungbalai juga telah menyampaikan aspirasinya kepada DPRD Tanjungbalai untuk segera bersama sama dengan Pemkot Tanjungbalai mengajukan Tanjungbalai menuju "New Normal".

Terkait hal itu, Selasa (2/6/2020) mendatang Pemkot Tanjungbalai bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai akan melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan New Normal di Kota Tanjungbalai bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tanjungbalai," sebut Wali Kota.

Dalam kesempatan tersebut, Seketaris gugus tugas Covid-19 Kota Tanjungbalai yang juga Kalaksa BPBD Tanjungbalai Ridwan Parinduri menyampaikan paparan terkait penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai, yakni bahwasanya Pemkot Tanjungbalai telah membentuk gugus tugas. Dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Tanjungbalai, gugus tugas telah melaksanakan penyemprotan fasum, himbauan dan memberikan informasi terkait Protokol Kesehatan Covid-19, mendirikan posko pemeriksaan kesehatan di pintu masuk perbatasan Kota Tanjungbalai, mendirikan posko karantina sementara, menyalurkan bantuan Bansos dari Pemkot Tanjungbalai kepada seluruh masyarakat Tanjungbalai berdampak Covid-19 untuk tahap pertama, pemulangan warga Tanjungbalai yang menjadi TKI/pekerja migran dari Malaysia serta mendistribusian bansos Pemprovsu.

Sementara itu, LO BNPB Pusat untuk Wilayah Sumut, Mayjend.TNI (Purn) Darlan Harahap, menyampaikan pada akhir April lalu, sudah ada 162 pihak yang terdiri dari individu, organisasi, perusahaan swasta, BUMN-BUMD dan institusi pemerintahan yang menyalurkan bantuan lewat Posko.

"Bantuan yang diberikan beragam bentuknya, mulai dari sembako, perlengkapan sanitasi hingga Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan oleh Tenaga Medis sebagai garda terdepan dalam perang menghadapi Covid-19".

Selanjutnya bulan Mei ini, Bantuan Sosial Tunai (BST) yang diprakarsai oleh Kementerian Sosial (Kemensos) sudah disalurkan melalui Kantor Pos. Kemudian bantuan sembako dari Pemprovsu juga sudah disalurkan ke masyarakat dan penyalurannya dipantau langsung oleh tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK. Selain itu, Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa, juga telah disalurkan kepada masyarakat terdampak, ujar Mayjen (Purn) Darlan Harahap.


Dalam mekanisme komunikasi, Tim Gugus Tugas yang sudah didukung dengan teknologi informasi yang mumpuni sehingga proses koordinasi dapat berjalan lancar dan aman sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Saat ini, Posko juga sudah dilengkapi dengan fasilitas video conference yang didukung aplikasi Zoom untuk mempermudah koordinasi dengan berbagai pihak, baik internal Kabupaten/Kota, Provinsi hingga tingkat Nasional pada Pemerintah Pusat, jelasnya.

"Situasi menjelang “New Normal” atau Normal Naru, juga perlu dipersiapkan dengan matang. Memang prosesnya tidak akan mudah, apalagi di tengah kultur masyarakat yang berbeda-beda. Akan tetapi sinergitas yang konsisten saya yakini dapat mengatasi kendala apapun itu, pungkas LO BNPB Pusat, Mayjen (Purn) Darlan Harahap.

Pertemuan diakhiri dengan pemberian cenderamata oleh Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial kepada LO BNPB Pusat, Mayjen (Purn) Darlan Harahap.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Dandim 0208/AS Letkol Inf.Sri Marantika Beruh, S.Sos, Asisten Pemerintahan, Nurmalini Nasution, SE, Para Kepala OPD dilingkungan Pemkot Tanjungbalai yang juga Anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai.(ES/Mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru