SUMUT

NASIONAL

Terima Kunjungan Ketua DPRD Sumut Disambut Baik oleh Wali Kota

Kamis, 25 Juni 2020 | 19.22 WIB
Kali Dibaca |

Kunjungan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Disambut dengan baik oleh Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH, Kamis (25/6/2020).(Foto Mk/dok)
Tanjungbalai, Metrokampung.com
Kunjungan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara tersebut disambut dengan baik oleh Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs. Baskami Ginting bersama dengan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Dapil V, Asahan, Tanjungbalai, Batubara, Mahyaruddin Salim (Golkar), Armyn Simatupang (Demokrat), Sri Kumala (Gerindra), Teyza Cimira Tisya (PDIP), Ahmad Hadian (PKS), Yahdi Khoir Harahap (PAN), Darwin (PPP), Ebenejer Sitorus (Hanura), Santoso (Demokrat).

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Baskami Ginting mengatakan kunjungan yang dilaksanakan DPRD Provinsi Sumatera Utara ke Kota Tanjungbalai dalam rangka dalam rangka monitoring pembagian jaring pengaman sosial (bantuan sembako Provinsi) dan pengawasan penyaluran bantuan sembako dari Provinsi Sumatera Utara dan Bantuan Langsung Tunai yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tanjungbalai dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.


Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting mengharapkan agar penyaluran bantuan tidak disalahgunakan. Saya ingin menyampaikan setiap penyelewengan dana bantuan Covid-19 ini sedang menjadi sorotan pihak KPK, BPK, dan Kejaksaan, saya mengingatkan untuk berhati hati dalam menggunakan dana Covid-19.

Harapan kita bersama semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir, dan untuk mengenai bantuan kedepannya kita lebih mengarah ke bantuan seperti UMKM, yang bertujuan untuk memperbaiki perekonomian masyarakat. Terkait bantuan yang akan turun kedepannya ini masih di godok di pusat perihal bentuk bantuannya, apakah berbentuk sembako lagi, atau uang," sebut Baskami Ginting.

Kepada para lurah saya harap lebih berperan aktif untuk mengimbau warganya dalam menerapkan kedisiplinan hidup dalam kehidupan sehari-hari, terkait memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan.

Sebelumnya Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial dalam sambutan dan ekpos yang dipaparkan mengatakan selamat datang dan apresiasi pemerintah kota Tanjungbalai kepada pimpinan DPRD Sumut dan rombongan atas kunjungan di Kota Tanjungbalai. Kunjungan ini adalah wujud koordinasi dan sinergitas yang baik antara DPRD Provinsi Sumatera Utara dengan Pemkot Tanjungbalai.

Dalam ekspos yang disampaikan, Wali Kota H.M Syahrial memaparkan langkah-langkah yang telah dilaksanakan dalam upaya Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di kota Tanjungbalai. Dalam upaya penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 kami menerapkan beberapa kegiatan yang sesuai dengan ketentuan Pemerintah Pusat diantaranya, menggantikan sistem pembelajaran secara langsung menjadi sistem daring (online) di seluruh sekolah, menyiapkan rumah sakit dan ruangan isolasi pasien Covid-19, membentuk Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai, melakukan penyemprotan Disinfektan di seluruh wilayah Kota Tanjungbalai, papar Wali Kota.

Lanjut Wali Kota, Pemkot Tanjungbalai melalui gugus tugas telah membentuk gugus tugas di 6 (enam) Kecamatan guna memudahkan tugas di Kecamatan dan Kelurahan agar cepat diketahui kondisi warga yang baru pulang dari luar daerah sehingga cepat ditangani oleh gugus tugas. Hingga saat ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai telah menangani para  Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI yang masuk secara ilegal yang jumlahnya kurang lebih 1000 orang sesuai data yang kita peroleh.

"Pemkot Tanjungbalai lewat Gugus Tugas Covid-19 Kota Tanjungbalai juga telah melaksanakan penjemputan warga Tanjungbalai dari Malaysia, setibanya di Pelabuhan langsung kita lakukan pemeriksaan kesehatan dan pengecekan administrasi, setelah itu baru dipulangkan rumah masing masing," jelasnya.

Memasuki Fase New Normal, Pemkot Tanjungbalai juga telah mengundang masyarakat Tanjungbalai yang terdampak Covid-19 salah satunya Forum Pekerja Bawah Tenda.

Saat ini kami sedang mengkaji sektor perekonomian kreatif bagi masyarakat Kota Tanjungbalai pada umumnya dan masyarakat yang terdampak Covid-19 pada khususnya, agar perekonomian masyarakat bangkit kembali, pungkas Wali Kota H.M Syahrial.

Mewakili anggota DPRD Sumatera Utara Dapil V, Mahyarudin Salim mengatakan agar pendataan masyarakat penerima bantuan terdampak Covid-19 untuk diperbaiki lagi. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang merasa tidak dapat bantuan, dan bahkan bantuan dari pusat masih banyak yang tidak dapat, kami berharap agar pendataan lebih selektif lagi, meskipun kita tahu bahwa ini bukan pekerjaan yang mudah.

DPRD Sumut sangat mengapresiasi Pemkot Tanjungbalai yang sudah menjemput Warga Tanjungbalai dari Malaysia ke Indonesia. Dalam upaya Pemkot Tanjungbalai terkait peningkatan perekonomian masyarakat di Kota Tanjungbalai, khususnya kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, dan ini menjadi sorotan kita semua yang dari DPRD Sumut dan akan kami sampaikan kepada Gubernur Sumatera Utara, untuk memberikan bantuan kepada Kota Tanjungbalai, sebutnya. (ES/Mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru