SUMUT

NASIONAL

Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP Serahkan Sebanyak 38 Sapi Kurban Secara Simbolis

Kamis, 30 Juli 2020 | 20.20 WIB
Kali Dibaca |

Sakti Alam Siregar saat berikan sapi dari bupati kepada Kepala Desa Mangkai Baru.
Batu Bara, Metrokampung.com
Bupati Batubara Ir.H.Zahir, MAP yang di wakili Sekretaris Daerah Sakti Alam Siregar secara simbolis melakukan penyerahan hewan kurban pada panitia kurban Idul Adha 1441 H tahun 2020 di lapangan bola kaki Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Limapuluh Kecamatan Limapuluh Kota Kabupaten Batu Bara, Kamis (30/07/2020).

Adenan Haris Kabag Kesra panitia hewan kurban dalam laporannya menyampaikan sebanyak 38 sapi hewan kurban ini akan diserahkan Bupati Ir.H.Zahir, MAP kepada Mesjid atau pun desa yang telah kita tetapkan," ujarnya.

Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP yang dibacakan oleh Seketrais Daerah Sakti Alam Siregar, SH, mengatakan pada tahun ini pemerintah Kabupaten Batu Bara akan menyerahkan sebanyak 38 hewan kurban kepada ormas Islam dan lainnya, ini adalah salah satu wujud nyata ketaatan kepada ALLAH sebab, pesan moral dari Idul Adha adalah di saat kita mampu mentransformasikan pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan.peristiwa yang harus di maknai sebagai pesan simbolik agama yang menunjukkan ketaqwaan, keiklhasan dan kepasrahan seseorang pada perintah sang pencipta.

Atas dasar spirit itu, Idul Adha dan ibadah qurban memiliki dua makna penting sekaligus. Pertama makna ketakwaan manusia atas perintah sang khalik. Kedua makna sosial di mana rassullah melarang kaum mukmin mendekati orang orang yang memiliki kelebihan rezeki, akan tetapi tidak menunaikan perintah qurban.

"Nabi bermaksud mendidik umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama.Kurban adalah media ritual selain zakat,infak dan sedekah," ungkapnya.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Illyas Sitorus menyampaikan
Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara akan memberikan hewan kurban sebanyak 15 ekor.

Turut hadir Assiten I Rusian Heri, Assiten II Drs.Sahala Nainggolan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Daud, SPd, MM, Koperindag Ahmadani Khoir, MAP, Kadisdik Ilyas Sitorus, Kominfo Andri Rahadian, Kasat Pol. PP. Rahman Hadi, Koramil Limapuluh, Camat dan Kades sekebupaten Batu Bara.(MK/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru